x
BREAKING NEWS

Senin, 21 Oktober 2019

Ekosistem Alam Boleh Terganggu Tapi Tidak Dengan Kesehatan

Oleh: Isna Nurul I

Kemarau yang berkepanjangan membawa dampak bencana beragam. Dimulai dari kebakaran hutan, kesulitan air bersih, gagal panen, naiknya inflasi harga pangan serta timbulnya masalah kesehatan. Hal ini tentunya menuntut masyarakat untuk memperhatikan kesehatan karena resiko merebaknya berbagai penyakit juga ikut meningkat. 
Fakta menyebutkan, musim kemarau tak hanya meningkatkan suhu udara, tapi juga risiko paparan debu dan serta serangan serangga penyebab penyakit seperti lalat, dan nyamuk.

Memang ekosistem alam tidak lagi bersahabat di musim kemarau ini, begitupun harga pangan yang melambung tinggi, tapi jangan sampai kesahatan masyarakat ikut terganggu juga. Karenanya masyarakat harus lebih peduli terhadapat kesehatan dirinya serta lingkungan sekitar. Diare, Infeksi saluran pernapasan (ISPA) serta dehidrasi merupakan penyakit yang sering muncul ketika musim kemarau melanda, sebelum mengobati itu semua alangkah baiknya masyarakat mengantisipasi timbulnya penyakit. 

Untuk itu menjaga pola hidup sehat sangat penting dilakukan. Salah satu caranya adalah dengan mengonsumsi makanan yang memiliki kandungan gizi, protein dan karbohidrat. Perbanyak minum air putih, hindari meroko serta kurangi begadang merupakan langkah kecil yang dapat masyarakat lakukan. Disamping itu juga menjaga kebersihan lingkungan serta membiasakan mencuci tangan sebelum makan jangan dilupakan.

Selama ini pola hidup sehat dinilai terbukti lebih efektif untuk mencegah penyebaran penyakit musim kemarau, di antaranya infeksi saluran pernafasan akut (ISPA) dan diare. Penyebaran penyakit diare itu akibat warga mengonsumsi air yang tidak bersih saat sumur dan sungai mengering karena kemarau. Bahkan di daerah yang masih banyak ditemukan masyarakat tidak memiliki sanitasi yang layak sehingga perilaku kebiasaan mereka buang air besar (BAB) sembarangan. Selain itu penyakit ISPA disebabkan karena banyak debu bertebaran juga pencemaran lingkungan.

Penulis, Mahasiswi KPI UIN SGD Bandung.


Tulisan ini dimuat di Media Indonesia Sabtu 12 Oktober 2019

Bagikan

Posting Komentar

 
Since © 2015 DAKWAHPOS - Media Dakwah Islam Aktual.
made with by incsomnia