x
BREAKING NEWS

Minggu, 20 Oktober 2019

Efektif Belajar Dengan Dan Tanpa Gawai

Perkembangan zaman semakin canggih, penggunaan media elektronik semakin pesat dan Tekonologi semakin maju.Oleh karena itu semua pekerjaan dapat diakses dari manapun, kapanpun dan bagaimanapun kondisinya. Bahkan hampir semua kalangan dapat menggunakannya dari kalangan tua, muda, bahkan dari kalangan anak-anak.

Teknologi yang berkembang pada saat ini (gawai/gadget) menimbulkan beberapa dampak bagi para penggunanya baik dampak positif ataupun dampak negatif. Beberapa dampak positif yang ditimbulkan dari adanya teknologi ini salah satunya adalah semakin mudahnya mencari informasi dari berbagai negara dan dapat menjadi sarana belajar bagi para siswa.

Dengan adanya bagi-bagi gawai sebagai sarana belajar disekolah itu merupakan hal yang baik bagi siswa yang berumur lebih dari 12 tahun. Waktu pembelajaran akan menjadi lebih efektif karena dengan adanya gawai dapat menunjang proses pembelajaran dan dapat menjadi komponen pendukung dalam belajar sehingga belajar dapat dilakukan dimana saja dan kapapnpun saja. Selain itu, dengan gawai siswa akan lebih bersemangat dalam melakukan proses pembelajaran dikarenakan memang pada zaman sekarang bukupun sudah berbentuk file didalam gadget.

Akan tetapi penggunaan gawai untuk sarana belajar harus dibatasi sesuai dengan kebutuhan saja karena jika terus-terusan menggunakan gawai dalam proses pembelajaran siswa akan kurang dalam keterampilan menulisnya apalagi untuk anak SD. Untuk anak dibawah 12 tahun sebaiknya penggunaan gawai hanya untuk beberapa kegiatan dan tidak selamanya menggunakan gawai. Selain membuat anak kecanduan akan tetapi banyak dampak yang bisa timbul akibatnya. Diantaranya yaitu dapat membatasi kinerja otak anak dan tumbuh kembang anak akan menjadi lebih lambat.

Oleh karena itu, penggunaan gawai sebagai sarana pembelajaran memang baik, akan tetapi penggunaannya harus dibatasi jangan sampai semua metode pembelajaran menggunakan media tersebut.


Eva Rismayati
Mahasiswa UIN Sunan Gunung Djati Bandung

Bagikan

Posting Komentar

 
Since © 2015 DAKWAHPOS - Media Dakwah Islam Aktual.
made with by incsomnia