x
BREAKING NEWS

Selasa, 08 Oktober 2019

DKM Al Aqsha Selenggarakan Marhaban


Dakwahpos.com, Bandung- Puluhan anak-anak TPA, warga, dan santri laki-laki maupun perempuan  berkumpul di Masjid Al Aqsha  untuk Marhaban. Marhaban adalah tradisi seni Islam yang dilakukan sejak dari zaman Rasulullah SAW, secara istilah marhaban adalah suatu bentuk pertunjukan seni Islam dalam penyambutan sesuatu hal yang baru datang atau acara tertentu. Kegiatan ini dilangsungkan setiap Ahad selepas sholat ashar.

Marhaban ini dilakukan secara berkelompok dengan jumlah yang tidak dibatasi dan dipimpin oleh satu imam. Mereka  melantunkan puji-pujian kepada Baginda Muhammad SAW dengan diiringi oleh alat musik rebana atau marawis, membaca kitab Al Barjanzi, kemudian dilanjutkan ceramah dan nasehat oleh imam, dan diakhiri oleh do'a bersama. Bacaan yang digunakan dalam Marhaban adalah bahasa Arab. 

 "Senang bisa mengikuti acara Marhaban, selain mendapatkan ketenangan hati juga menyambung tali silaturahmi dan menambah kecintaan terhadap Nabi Muhammad SAW" ujar salah satu warga desa Cibeusi,  Ahad (11/11/2018).

Kegiatan Marhaban  ini menjadi kegiatan mingguan di Masjid Al Aqsha. Kegiatan ini samgat digandrungi masyarakat, santri, dan anak-anak. Karena mengkolaborasikan sholawat dan seni sehingga tidak terkesan  monoton dan membosankan.

Kegiatan ini pula bertujuan membangun kecintaan terhadap Baginda Muhammad SAW, menyambung tali silaturahmi sesama muslim, dan membudayakan seni islami. Kegiatan ini patut dilestarikan untuk mendidik anak mencintai Rasulullah SAW sejak dini. Selain itu  juga Marhaban dapat  media dakwah dengan melalui seni.


Reporter: Nurul Fitriana KPI/3C

Bagikan

Posting Komentar

 
Since © 2015 DAKWAHPOS - Media Dakwah Islam Aktual.
made with by incsomnia