x
BREAKING NEWS

Senin, 21 Oktober 2019

Digitalisasi Pelayanan Publik

Oleh : Faizal Rafly Handiyono

Pemerintah terus mengembangkan semua pelayanan yang mendukung kegiatan publik, salah satunya pelayanan publik berbasis digital dengan memanfaatkan pengembangan teknologi yang semakin maju.

Tak bisa dipungkiri, Revolusi Industri 4.0 telah mengubah segala aspek dan segala lapisan sehingga digitalisasi dibidang apapun yang dulunya mustahil sekarang bisa kita nikmati dimanapun, kapanpun kita berada.

Digitalisasi yang diterapkan pemerintah dalam pelayanan publik inipun bertujuan untuk membangkitkan produktivitas dan efisiensi serta menghidupkan akuntabilitas mesin kelembagaan Negara.

Menteri PANRB (Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi) Syarifudin mengatakan, "Pemerintah perlu membangun sistem e-government di seluruh kelembagaan, membangun postur pelayanan berbasis teknologi informasi dan komunikasi yang terpadu dari pusat hingga daerah hingga ujung terdepan pelayanan publik" . Hal ini menunjukan keseriusan pemerintah dalam menghadapi era Revolusi Industri 4.0 atau biasa kita sebut industri digital agar sumber daya manusia kususnya di Indonesia bisa berkembang lebih maju sehingga dapat bersaing dengan sumber daya manusia dari Negara lainnya.

Seperti kita tahu, gadget adalah makanan sehari-hari kita yan selalu kita bawa kemanapun kita pergi. Bahkan manusia sekarang cenderung memenuhi kebutuhan hidupnya sehari-hari melalui gadget guna mendapat efektifitas dan kemudahan dalam menyelesaikan masalahnya.

Namun pertanyaanya, apakah pemerintah mampu mengoptimalisasi pelayanan publik berbasis digital ini khususnya kepada masyarakat yang tidak terlalu paham dengan teknologi yang kian maju tiap harinya?  Maka dari itu, salah satu tugas pemerintah selain mendigitalisasi pelayanan publik ini ialah dengan memberikan sosialisasi serta membangun pengetahuan baru agar semua lapisan masyarakat Indonesia dapat menikmati semua kemudahan dan keefektifan pelayanan publik yang pemerintah berikan.

Melalui inovasi ini, masyarakat, unit swasta dan pemerintah dapat berkontribusi optimal untuk menyikapi segala masalah secara simultan dan komprehensif. Sehingga mendorong Indonesia memiliki sumber daya manusia yang maju kedepannya.

Faizal Rafly Handiyono
Mahasiswa KPI UIN Bandung

Bagikan

Posting Komentar

 
Since © 2015 DAKWAHPOS - Media Dakwah Islam Aktual.
made with by incsomnia