x
BREAKING NEWS

Sabtu, 19 Oktober 2019

Cegah Kekeringan Dengan Hemat Pasokan Air

Oleh : Endang Sulistiawati 


       Musim kemarau akhir-akhir ini melanda di beberapa jumlah daerah, khususnya Jawa Barat yang begitu memperlihatkan dampak kekeringan di persawahan masyarakat. Sudah hampir lebih dari 3 bulan musim kemarau melanda, tanpa ada hujan sekali pun. Bisa dikatakan ini musim kemarau terparah dari 2018 lalu.

           Masyarakat yang sedang berproses bersawah, harus menanggung rugi yang begitu besar dikarenakan keringnya tanah karena tidak adanya air mengalir. Tanaman yang harusnya tumbuh dengan indah, harus layu karena kurangnya air.

            Namun, bukan hanya tanaman dan lahan persawahan saja yang haus akan air, manusia pun haus akan air. Masyarakat butuh minum untuk menjaga stamina tetap kuat. Kurangnya minum air akan menggangu konsentrasi dalam berpikir.

Hal yang bisa dilakukan apabila kemarau berkepanjangan seperti ini, dengan kesadaran masyarakat untuk selalu menghemat pasokan air. Satu solusi yang dapat dilakukan agar tidak kekurangan/kehabisan air. Kekurangan air sangat menyiksa diri apalagi sampai kehabisan air. Tidak pantas sekali harus mengambil air keruh untuk digunakan kalau tidak terpaksa. Dapat menganggu kesehatan, terutama anak-anak yang mudah sekali terkena penyakit.

Endang Sulistiawati, Mahasiswi KPI UIN SGD Bandung    

Bagikan

Posting Komentar

 
Since © 2015 DAKWAHPOS - Media Dakwah Islam Aktual.
made with by incsomnia