x
BREAKING NEWS

Jumat, 18 Oktober 2019

BPJS Kian Mencekik

Akhir-akhir ini masyarakat Indonesia digegerkan soal kenaikan iuran BPJS. Menurut kabar yang beredar menteri keuangan Sri Mulyani menyebutkan bahwa kenaikan BPJS ini disebabkan oleh berbagai latar belakang permasalahan yang terjadi di Indonesia salah satunya adalah perilaku sebagian pasien yang mendaftar saat sakit lalu ketika sudah mulai pulih berhenti membayar iuran, tingkat keaktifan peserta BPJS mandiri masih rendah, iuran lebih kecil daripada beban biaya penanganan. Menurut saya faktor-faktor yang telah disebutkan diatas berpengaruh besar terhadap kenaikan BPJS baru-baru ini, jadi wajar saja jika biaya iuran BPJS naik.

Mengingat masih banyak masyarakat kita yang belum sadar akan pentingnya kesehatan sehingga masih ada yang belum mendaftar menjadi peserta pengguna BPJS, disamping itu masih banyak pasien yang dengan santainya meninggalkan iuran BPJS setelah mendapatkan pelayanan kesehatan lalu lalai dalam membayar iuran. Apalagi jika si pasien menjalani pengobatan yang penyakitnya bisa dibilang serius dan membutuhkan pelayanan rawat inap, belum lagi dengan berbagai kebutuhan obat-obatan yang mungkin tidak murah. Maka disitu BPJS lah yang menanggung semua pembiyaannya ketika uang tabungan di dompet BPJS si pasien tidak memadai.

Sebenarnya semua permasalahan yang terjadi di muka bumi ini ada sebab akibatnya, tinggal kita sebagai manusia dituntut pandai menempatkan diri beserta bagaimana cara kita menaggapinya. Bisa saja dengan di naikkannya standar iuran BPJS kita bisa bantu masyarakat yang butuh sekali pertolongan medis, atau bisa saja pemerintah sudah canangkan jauh-jauh hari mengurangi salah satu subsidi masyarakat untuk memperlancar laju pembangunan Ibukota baru kita di Kalimantan sana.

Kedapannya semoga program pemerintah bisa sinkron dengan apa yang dibutuhkan oleh masyarakat Indonesia. Penting diperhatikan pula bagi masyarakat Indonesia khususnya untuk tetap menjaga pola hidup sehat agar tidak ada permasalahan-permasalahan yang telah disebutkan diatas.

Elsa Tania Putri
Fakultas Dakwah dan Komunikasi
UIN Sunan Gunung Djati Bandung
Pondok Pesantren Al-Ihsan Cibiru Hilir
Cileunyi, Kabupaten Bandung, Jawa Barat 40626
082215006282/elsatania1@gmail.com

Bagikan

Posting Komentar

 
Since © 2015 DAKWAHPOS - Media Dakwah Islam Aktual.
made with by incsomnia