x
BREAKING NEWS

Senin, 07 Oktober 2019

Asap Mulai Menyerang Ke Tubuh Manusia

Oleh : Ahmad Helmi Tsania 

Tidak di pungkiri tahun ini kemarau panjang telah melada dunia, khususnya negara indonesia yang sedang mengalami kemarau ter kering selama beberapa tahun belakangan ini.  Banyak daerah di indonesia hususnya di pedasaan pulau jawa itu mulai susah air, tahun kemaren masih ada air mengalir dari sumber mata air tapi untuk tahun ini sumber mata air di desa tersebut mengering.

Dan dampak dari kemaru panjang ini adalah air susah di dapati, kebun kekeringan, dan hutan pun yang tadinya sejuk sekarang berubah menjadi padang pasirnya indonesia, pohon yang tadinya ridang batang per batangnya di penuhi dengan daun daun yang hijau tapi sekarang berubah menjadi pohon yang kering.

Contoh seperti hutan di Riau yang juga terkena dampak kemarau panjang ini banyak pohon yang menjadi kering, dan dampak dari pohon kekeringan itu bisa menyebabkan hutan kebakaran seperti kejadian yang saat ini tengah berlangsung di hutan Riau terjadi kebakaran yang sangat amat besar.

Epek dari kebakaran hutan tersebut adalah pemanasan gelobal dan timbulnya asap yang bisa menyerang ke desa atau kota terdekat dari hutan itu, Yang bisa mengakibatkan penduduk di desa atau kota itu terkena getahnya dari kebakaran hutan tersebut.

Sudah jelas kalau asap sudah menyerang ke kota tersebut maka oksigen yang ada di kota tersebut tercemari oleh asapnya itu sendiri. Dampak dari oksigan yang sudah tercemar itu bisa mengakibatkan sesak napas, asama, sakit mata, iritasi kulit, aktipitas terganggu, penegndara motor atau mobil bisa terhambat dan sebagainya.

Dan terbukti sekarang dari dampak kebakaran hutan itu sema aktifitas terganggu dan kesehatan masarakat terganggu juga, ada yang samapai masuk ruah sakit karena terlalu banyak menghirup asap kebakaran hutan itu, karna asap yang di hasilkan dari kebakaran hutan itu adalah asap ynag paling berbahaya dari sejak 2015 lalu.

Terus apa yang harus kita lakukang skarang, menyalahakn pemerintah? Atau hanya pasrah menghadapi semua ini ? itu tergantung pembaca mau menyikapinya bagai mana. Yang jelas sebagai warga indonesia yang taat pada agama kita harus terus berdoa kepada penguasa alam semesta ini mudah mudahan apa yang menjadi masalah ini bisa segera teratasi. 

i Bandung 

Bagikan

Posting Komentar

 
Since © 2015 DAKWAHPOS - Media Dakwah Islam Aktual.
made with by incsomnia