x
BREAKING NEWS

Selasa, 08 Oktober 2019

Antisipasi bencana di ring of fire

Ring of fire atau Lingkaran Api Pasifik merupakan istilah bagi wilayah yang sering mengalami gempa dan letusan gunung berapi yang mengelilingi cekungan Samudra Pasifik. Daerah ini disebut sebagai tapal kuda atau sering disebut dengan sabuk gempa Pasifik, yang mencakup wilayah sepanjang 40.000 km, memanjang dari barat daya Amerika Selatan dibagian timur hingga ke sebelah tenggara benua Australia di sebelah barat. Cincin api adalah zona dimana terdapat banyak aktifitas seismik yang terdiri dari busur vulkanik dan parit-parit (palung) di dasar laut.

Indonesia merupakan salah satu negara yang berada dalam wilayah cincin api, dilihat dari kondisi geografisnya , Indonesia merupakan wilayah dengan ancaman bencana gempa bumi dan tsunami dengan intensitas yang cukup tinggi. Maka dari itu kebijaksanaan dari masyarakat sangat diperlukan dalam menghadapi realita ini.

Masyarakat harus mengantisipasi terhadap kenyataan keadaan geografis Ibu Pertiwi, agar saat ancaman bencana terjadi tidak menelan korban jiwa dalam jumlah besar. Menyiasati hal ini, masyarakat harus memiliki kesadaran dalam dirinya masing-masing agar mereka tanggap dalam menghadapi bencana yang terjadi dan tidak hanya diam menunggu bantuan dari pihak pemerintah.

Namun agar hal itu dapat terealisasikan, tentunya perlu peran pemerintah dalam membentuk kesadaran masyarakat dengan membangun dan mendidik karakter masyarakat yang tanggap dan sebaiknya pemerintah menyediakan sistem peringatan ketika akan terjadi bencana, seperti sirine ataupun alat yang lainnya. Sehingga saat bencana terjadi, masyarakat langsung mengetahui hal apa yang harus dilakukannya.

Pemerintah harus mengadakan program pelatihan bagi masyarakat untuk menghadapi bencana, pelatihan seperti bagaimana cara menyelamatkan diri dari bencana yang terjadi dan masyarakatnya pun harus berpartisipasi saat pemerintah mengadakan program tersebut. Tujuannya agar terminimalisirnya korban jiwa dari bencana yang terjadi dan pemerintah harus cepat tanggap dalam mengevakuasi korban bencana, sehingga korban jiwa tidak membludak.



Biodata diri   
Nama        : Muhammad Fachri           
Status         : Mahasiswa   
Alamat        : Kp. Cibatu Caringin RT/RW 28/05 Kel.Nagrak Kec.Cisaat Kab.Sukabumi
No telp.    : 087720602999       
Email           : muhfachri273@gmail.com

Bagikan

Posting Komentar

 
Since © 2015 DAKWAHPOS - Media Dakwah Islam Aktual.
made with by incsomnia