x
BREAKING NEWS

Jumat, 27 September 2019

Masjid Ar Rohmah Terus Berbenah Demi Kenyamanan Jamaah

Dakwahpos.com, Bandung - Masjid Ar Rohmah merupakan salah satu masjid yang sudah lama berdiri di lingkungan RW 06 Jati, Pasir Biru, Ciburu, Kota Bandung. "Masjid Ar Rohmah ini sudah ada sekitar tahun 1960an, didirikan oleh leluhur asli kampung sini," menurut penjelasan H. Sopian, Ketua DKM Ar Rohmah. Selasa (17/09)

Sejak berdiri, Masjid Ar Rohmah ini telah beberapa kali melakukan perbaikan. Dimulai dari bangunan awalnya yang berbentuk panggung. Lalu dirubah dengan mengecor bagian lantai dan bangunan sehingga tidak lagi berbentuk masjid panggung. Pembangunan pada saat itu tidak memperluas area masjidnya masih, masih memakai luas dari bangunan yang lama sehingga luas area masjid tersebut kecil. Setelah itu di perbaharui kembali dengan memperluas area masjid. Lalu, dikarenakan banyaknya pembangunan rumah warga dan semakin bertambah juga jumlah penduduk di kampung Jati RW 06 membuat pihak DKM ingin membesar area masjid dengan harapan dapat menampung jamaah yang lebih banyak. Akan tetapi,  hal tersebut tidak bisa karena area di sekitar masjid sudah di penuhi oleh bangunan rumah warga yang akhirnya membuat pihak DKM membangun masjid ke atas atau dengan membuat masjid menjadi tingkat.

Pembangunan maupun perbaikan Masjid Ar Rohmah hingga saat ini pun masih terus dilakukan oleh pihak DKM, baik dari segi bangunan dan fasilitas. Perbaikan dimulai dari bulan mei kemarin yang juga bertepatan dengan bulan Ramadhan hingga akhirnya selesai di sepuluh hari terakhir bulan puasa atau menjelang lebaran.

Perbaikan yang dilakukan pada saat itu meliputi, perbaikan struktur masjid. Dimana sebelumnya terdapat sembilan tiang yang berada di dalam masjid. Digantikan dengan menggunakan besi habeam yang menjulang panjang di tengah masjid. Sehingga sembilan tiang tersebut akhirnya di hilangkan. Selain itu perbaikan yang dilakukan adalah dengan memasang marmer di dinding bagian depan masjid hingga ke bagian tempat imam.

Setelah itu, pihak DKM Ar Rohmah juga tidak hanya melakukan perbaikan dari segi bangunan saja. Namun juga perbaikan dari segi fasilitas seperti pemasangan karpet sajadah yang sangat halus dan lembut sehingga jamaah yang melakukan salat di Masjid Ar Rohmah dapat melaksanakan ibadah dengan khusyuk dan nyaman.

Selama proses perbaikan masjid ini tentunya ada saja cibiran-cibiran dari beberapa masyarakat. Akan tetapi, pihak DKM tetap terus melakukan perbaikan di Masjid Ar Rohmah dengan alasan agar jamaah yang ingin beribadah di masjid ini dapat melaksanakan ibadah dengan penuh khusyuk dan nyaman.

Setelah perbaikan Masjid Ar Rohmah tahap satu telah selesai, alhamdulillah terdapat beberapa perubahan secara signifikan yang telah terlihat. "dahulu jamaah yang salat di masjid paling banyak hanya sampai dua shaf saja. Tapi lihat sekarang setelah perbaikan, alhamdulillah jumlah jamaah yang datang untuk salat berjamaah meningkat. Jumlah shaf salat berjamaah seperti di waktu maghrib dan isya bisa mencapai tiga hingga empat shaf. Bahkan terkadang bisa lebih," ujarnya.

Melihat antusiasme masyarakat atau jamaah yang datang ke masjid untuk salat berjamaah semakin meningkat membuat pihak DKM semakin bersemangat untuk terus melakukan perubahan dan perbaikan. "Untuk kedepannya, yang pertama kita akan memperbaiki fasilitas tempat wudhu. Setelah itu nanti kita berencana akan memasang AC di bulan Ramadhan tahun depan, Insya Allah. Lalu perbaikan lantai atas masjid serta pebaikan ruang untuk takmir masjid agar mereka bisa nyaman tinggal di masjid ini," tambahnya.

Pihak DKM Ar Rohmah memiliki harapan agar masyarakat akan semakin ramai untuk datang beribadah dan salat berjamaah di masjid ini sehingga hubungan antar warga pun bisa menjadi lebih terikat lagi dari masjid ini. 

 

Reporter : Rafli Husein Amarullah, KPI/3D



Lampiran :  

Bagikan

Posting Komentar

 
Since © 2015 DAKWAHPOS - Media Dakwah Islam Aktual.
made with by incsomnia