x
BREAKING NEWS

Jumat, 27 September 2019

Masjid Al-Jihad Rawat Tradisi Untuk Syi’arkan Islam

Dakwahpos.com,Bandung– Masjid Al-Jihad Siliwangi yang bertempat di Jalan Suryani Dalam No.18 Warung Muncang Kecamatan Bandung Kulon Kota Bandung ini rutin mengadakan pengajian. Kegiatan pengajian ini telah dilaksanakan sejak berdirinya Masjid Al Jihad pada tahun 1973. Pada mulanya hanya pengajian ba'da maghrib saja, namun kini telah berinovasi dengan bertambahnya kegiatan yang lain.

Adapun pengajian khusus meliputi Tadarus al-Qur'an dan tafsir beserta kitab Riyadhushsholihin. Kegiatan ini dilaksanakan setiap ba'da maghrib khusus  jama'ah ibu-ibu. Di pimpin oleh seorang guru yang berkompeten bernama Ustadz Ir.Ruhiyat.

Selain itu,di adakan pula kegiatan khusus jama'ah bapak-bapak. Kegiatan ini bernama Balai Latihan Dakwah Islam yang di pimpin oleh Ustadz Uus Darusman S.Ag. Kegiatan Balai Latihan Dakwah Islam ini sudah berlangsung selama 8 tahun dan masih eksis hingga saat ini.

Menurut penuturan DKM masjid Al-Jihad Siliwangi hal tersebut di laksanakan guna melatih bapak-bapak agar mengetahui metode dalam berdakwah. Setelah itu agar dapat turut serta terjun langsung ke masyarakat menyampaikan syiar islam dengan baik dan tentunya sesuai dengan ajaran islam agar terhindar dari maraknya berita bohong . Selain itu, ada pula kegiatan pengajian tematik qur'an yang sudah berlangsung selama 6 tahun, pengajian ini di ampu oleh Ust.Ilman Firdaus.

Dilihat dari fenomena tersebut dapat disimpulkan adanya respon positif dari masyarakat. Masjid ini yang dulunya hanya digunakan sebagai sarana untuk ibadah saja kini memiliki fungsi lain untuk menimba ilmu agama melalui berbagai kegiatan di dalamnya. Hal tersebut tak lain di sertai adanya antusiasme dari masyarakat akan kesadaran pentingnya ilmu agama.

"Antusiasme masyarakat disini Alhamdulillah sangat baik,sekarang sholat Jum'at saja selalu penuh sampai kurang lebih 1.400 jama'ah" kata Pak Permana salah satu DKM Masjid Al Jihad saat dikonfirmasi, Ahad (22/09/2019)

Dukungan dari masyarakat dan para pengurus masjid itulah yang membuat Masjid Al Jihad Siliwangi ini kian bertekad untuk istiqomah menjaga tradisi mengaji yang telah di rintis sejak puluhan tahun yang lalu. Dan besar harapan dapat bermanfaat bagi para jama'ahnya. Karena sebaik-baiknya manusia adalah yang dapat bermanfaat bagi manusia yang lain.

Reporter : Munfarihatun Millah KPI/3C


Bagikan

Posting Komentar

 
Since © 2015 DAKWAHPOS - Media Dakwah Islam Aktual.
made with by incsomnia