x
BREAKING NEWS

Kamis, 26 September 2019

KAJIAN SUBUH DAN SARAPAN BERSAMA : HABLUM MINALLAH WA HABLUM MINANNAS

Dakwahpos,com, CIMAHI— Dewan kemakmuran masjid (DKM) masjid besar kecamatan Cimahi Utara mengadakan pengajian rutin dan sarapan bersama, Sabtu (21/09). Kegiatan tersebut bertempatkan di Jl. Cihanjuang, Cibabat, Cimahi Utara, Kota Cimahi.

Pengajian diadakan setiap Sabtu subuh pada minggu ketiga setiap bulannya. Pengajian ini hanyalah salah satu dari beberapa kegiatan rutin yang diadakan DKM masjid besar kecamatan Cimahi Utara.

Kurang lebih sekitar tiga puluh jemaah yang berasal dari komplek sekitar masjid menghadiri kegiatan tersebut. Para jemaah mulai berkumpul di masjid sebelum adzan subuh berkumandang. Tak hanya bapak-bapak, kegiatan tersebut juga turut dihadiri oleh ibu-ibu daerah setempat.

Kegiatan diawali dengan shalat subuh berjamaah. Setelah shalat subuh, H. Muhammad Marwan Fahrurroji yang bertindak sebagai imam dan pemateri melanjutkan kegiatan dengan memulai kajian bertemakan tentang cinta kepada Allah.

Meskipun baru dua kali mengisi materi pada pengajian subuh tersebut, pemateri sangat mengapresiasi antusiasme jemaah yang hadir. Menurutnya, pengajian yang dilaksanakan setelah shalat subuh membawa banyak manfaat.

"Kegiatan ini sangat luar biasa, saya sangat mengapresiasinya. karena seperti dalam hadits Rasulullah Saw.--orang yang tidur setelah subuh itu akan menimbulkan kefakiran-- . Bahkan diantaranya, barang siapa orang yang bangun sebelum adzan subuh akan terhindar dari penyakit yang berat" tuturnya.

Kegiatan yang sudah dilaksanakan selama satu tahun terakhir ini juga menyediakan sarapan sederhana untuk para jemaah yang hadir. Sarapan tersebut bersumber dari dana kas DKM masjid. Para jemaah tak mengeluarkan satu peser pun dalam penyediaan sarapan tesebut.

Pada tiap kegiatannya, para jemaah akan bergiliran menyiapkan sarapan setelah materi selesai disampaikan.

"Biasanya mah ibu-ibu yang nyiapin teh. Gantian sekarang mah bapak-bapak, ibu-ibunya pengen tinggal makan" ujar Bu Siti, salah satu jemaah yang menghadiri pengajian.

Meski bukan sarapan mewah, para jemaah berkumpul dan menikmati sarapan sembari bercengkerama satu sama lain. Para jemaah berharap agar kegiatan serupa lebih sering dilaksanakan. Selain untuk menambah ilmu serta ketaatan pada Allah, mereka juga bisa bersosialisasi. Inilah perwujudan Hablum Minallah dan Hablum Minannas.

Oleh : Nurbaiti Dwi D / Mahasiswi 3 KPI C UIN SGD Bandung

Bagikan

Posting Komentar

 
Since © 2015 DAKWAHPOS - Media Dakwah Islam Aktual.
made with by incsomnia