x
BREAKING NEWS

Sabtu, 28 September 2019

Endang Jaelani Jaga Amanah Masjid Bersejarah Jami' Al Misbah

Dakwahpos.com, Bandung - Masjid Jami' Al-Misbah salah satu masjid tertua di Cipadung  yang masih terjaga keaslian sejarahnya. Masjid ini terletak di RT. 002 RW. 011, Kelurahan Cipadung, Kecamatan Cibiru,  Kota Bandung. Didirikan oleh Ketua DKM pertama Alm. Bapak Ustadz. Hambali pada tahun 1918 M, dengan dana sendiri (swadana).

 
Endang Jaelani selaku Ketua DKM saat ini mengatakan, strategi yang dilakukan dalam menjaga kemurnian sejarah masjid Al-Misbah dengan memusatkan kepengurusan masjid secara turun terumun. Sejak pertama berdirinya sampai sekarang kepengurusan Masjid Jami' Al-Misbah masih dalam genggaman silsilah keluarga, melalui pesan lisan pengurus  yang disampaikan sebelum menghembuskan nafas terakhir.

 
Namun Endang mengaku, jabatan ia saat ini bukan wasiat dari adiknya melainkan hasil musyawarah masyarakat setempat.

 
"Bisa dibilang masjid turun terumun sih soalnya dari kakek diamanatkan ke bapak, bapak ngamatin ke adik saya, nah kalau saya dipilih dari hasil syuro masyarakat. Karena saat itu adik saya mengalami sakit keras sehingga tidak mengamanatkan, saya juga tidak mau mengambil keputusan sepihak yasudah saya serahkan ke keputusan masyarakat," ujarnya Endang Jaelani, Kamis (12/9).


Ketua DKM ini menegaskan, dia adalah generasi ke empat dalam silsilah keluarga pendiri masjid. Dia diangkat menjadi ketua DKM tahun 2009 sampai saat ini. Sejak kecil beliau sangat akrab dengan kakek dan bapaknya, sehingga kepiawaiannya dalam mengurus masjid dan cekatan dalam mengatasi segala permasalahannya tidak diragukan lagi. Dia juga sangat ramah dan merangkul kepada masyarakat sekitar.


Diluar kesibukannya sebagia ketua DKM, Endang berprofesi sebagai kepala sekolah di SDN 260 Griya Bumi Antapani, ia juga ikut andil dalam kepengurusan diberbagai organisasi. Dari pengalaman itu sikapnya dalam  memimpin semakin terbentuk.


Ia berharap, masyarakat setempat bisa bersama - sama menjaga dan melestarikan keberadaan Masjid Jami' Al-Misbah. Serta membawa umat semakin dekat dengan Allah SWT.


Sri Sulistina
KPI 3D

Bagikan

Posting Komentar

 
Since © 2015 DAKWAHPOS - Media Dakwah Islam Aktual.
made with by incsomnia