x
BREAKING NEWS

Selasa, 01 Januari 2019

Resensi "Manajemen Reputasi Melalui Komunikasi"

Judul Buku : Manajemen Reputasi
Penuls :  Waska Warta
Penerbit : Simbiosa Rekatama Bandung
Tahun Terbit : Desember 2017

Reputasi kini menjadi topik pembicaraan yang hangat, dipikirkan dan diolah para penggiat komunikasi seperti korporasi, bukan hanya perihal bagaimana meujudannya, melainkan bagaimana memelihara dan mengembangkannya. Sebagian besar berangkat dari sebuah anggapan bahwa reputasi merupakan alasan utama sebuah perusahaan atau orgaisasi pada umumnya untuk mampu bertahan dan maju berkembang, serta menangkal segala bentuk gangguan atau kritis yang setiap saat akan dihadapi perusahaan.
Pemasalahan konseptual dan segi-segi praktikal dasar mengenai reeputasi menjadi keharusan bagi para penggiat komunikasi serta korporasi. Salah satu penunjangnya adalah keterseiaan referensi yang mudah dimngerti dan tidak sulit didapatkan . Buku ini hadir di tengah situasi tersebut, di picu oleh keinginan untuk turut memberikan sumbangsih kecil dalam percaturan reputasi sebagai aktivasi komunikasi dalam dunia usaha.
Pada bagan awal buku, pembaca diajak menyelami pertautan citra dan reputasi yang hingga kini oleh sebagian orang masih dipersamakan, meskipun sebagian lagi bersikera membedakannya. Membuka wawasan perihal pertautan ini diperlukan agar terbangun pola pikir yang memadai untuk menyelami bab-bab selanjutnya.
Bab pertama mengusung topik memahami reputasi, dibuka dengan sejumlah pengertian tentang reputasi, diiringi kemudian dengan kerangka teori yang mengetengahkan sepuluh teori reputasi teratas. Bahasan selanjutnya adalah faktor pembangunan reputasi berbasis (RQ) dan cara pengukuran yang dikembangkan RepTrak Methodology, kemudian proses proses terbentuknya reputasi, serta pembahasan mengenai faktor pemupuk reputasi .
Bab kedua akan menjelaskan secara kronologis mengenai reputasi korporat, mulai pengertiannya dalam berbagai sudut pandang dan perspektif, aspek fungsional, serta konsep-konsepyang beraitan dengan identitas korporat, merek, cita, legitimasi, dan karakter. Dilengkapi dengan pembahasan terbentuknya reputasi korporatdan pemetaan komponen reputasi kotporat berdasarkan kepentingan stakeholders. Pada akhir bab diketengahkan hukum atau aturan tetap yang mengikat dalam reputasi korporat.
Bab ketiga tentang manajemen reputasi , diawalu dengen pengertian, kosep inti dan dasaasila manajemen reputasi , serta proses manajerial dalam pengelolaan reputasi . Di akhir bab, dikemukakan fenomena dan strategi baru manajemen reputasi.
Bab keempat secara khusus mengupas komunikasi pembangun reputasi. Diawali pandangan reputasi sebagai pesan, gangguan dan umpan balik, kemudian pembahasan mengenasi komunikasi korporat mencakup sistem, tugas pokok, dan strategi. Pada akhir bab , dibaha tentang pesan korporat dan perbincangan media sebagai basis operasi manajemen reputasi.
Pada bagian akhir buku, diketengahkan beberapa contoh kasus bagaimana menghidupkan dan terbentuknya reputasi.
Buku ini akan sangat bermanfaat bagi mahasiswa atau kalangan akademisi di bidang komunikasi (khususnya humas / public relations), para praktisi dunia usaha yang concern terhadap reputasi instusi, serta siapa saja yang terlibat dalam pengelolaan organisasi.

Neneng Siti Alawiyah/KPI/III/C

Bagikan

Posting Komentar

 
Since © 2015 DAKWAHPOS - Media Dakwah Islam Aktual.
made with by incsomnia