x
BREAKING NEWS

Kamis, 03 Januari 2019

Pelangi di Balik Cincin Api

Hidup di negeri yang dikelilingi oleh "Cincin Api" memang tak mudah. Kita seringkali dihantui ketakutan , takut tiba-tiba cincin apinya kembali aktif. Cincin api disini maksudnya serangkaian gunung berapi yang sewaktu-waktu bisa meletus.

Indonesia ada pada jalur gempa paling aktif karena dikelilingi oleh Cincin Api Pasifik. Itulah sebabnya Indonesia menjadi langganan gempa. Baik aktifitas vulkanis atau tektonis, keduanya sama-sama memiliki resiko yang sama terhadap datangnya gempa.

Sampai saat ini, belum ditemukan alat yang benar benar akurat untuk memprediksi datangnya gempa. Sehingga seringkali banyak menelan korban. Karena tidak dapat diprediksi, tentu saja gempa tidak dapat dicegah.

Walaupun tidak bisa dicegah, bukan berarti kita hanya dapat berpangku tangan dan pasrah pada takdir. Kita harus bisa menjadi bijak dalam menghadapi bencana agar dampak yang ditimbulkan tidak terus bertambah parah. 

Jangan hanya berkeluh kesah di tengah bencana yang terjadi. Karena bagaikan pelangi setelah hujan, banyak hal yang indah dibalik bencana-bencana yang terjadi. Karena aktivitas vulkanik dan tektonik itu Indonesia menjadi kaya akan flora dan fauna. Itu sebenarnya sangat bisa kita manfaatkan untuk kemajuan perekonomian.

Bagikan

Posting Komentar

 
Since © 2015 DAKWAHPOS - Media Dakwah Islam Aktual.
made with by incsomnia