x
BREAKING NEWS

Kamis, 03 Januari 2019

Masjid Darus Sholihin Pencetak insan sholeh dan sholehah

Dakwahpos.com, Bandung – Kegiatan pengajian anak-anak di Masjid Darus Sholihin, Jum'at (09/11/2018). Sama halnya dengan masjid-masjid pada umumnya, Masjid Darus Sholihin juga mengadakan kegiatan pengajian khusus untuk anak-anak kisaran tingkat SD hingga SMP, guna untuk terbentuknya insan yang sholeh dan sholehah.

Pelaksanaan pengajian ini diadakan setiap hari pada malam hari, yaitu ba'da Maghrib hingga Isya. Kecuali malam kamis, malam jum'at dan malam minggu karena digunakan  untuk pengajian orang tua. Walaupun pelaksanaan pengajian bagi anak SD hingga SMP dilakukan pada waktu yang bersamaan, namun pengajiannya dibagi menjadi beberapa tingkatan yang disesuaikan dengan kemampuan anak-anak tersebut.

"Pengajian untuk anak-anak diutamakan dalam hafalan al-Quran dan fiqh mengenai ibadah mahdhah, lalu ada pembacaan kitab kuning yang diperuntukkan bagi pemuda dan orang tua. Tidak hanya itu, ada juga pengajian khusus ibu-ibu yang berupa ceramah mengenai ketauhidan, akhlak, dan sebagainya" ujar KH.Misbah , ketua DKM Darus Sholihin.

KH. Misbah berkata, dalam penghafalan al-Quran kita menggunakan metode muraja'ah atau metode mengulang. Kegiatan muroja'ah ini dilaksanakan sebelum pengajian dimulai, dengan membagi anak-anak menjadi beberapa kelompok. Sistem muroja'ah ini menggunakan sistem mentoring, yakni masing-masing kelompok tersebut ada seorang yang dijadikan mentor.

Dengan adanya pengajian seperti ini, diharapkan anak-anak bisa menjadi anak yang berguna bagi masyarakat kedepannya. Seperti mengajar atau berbagi ilmu bagi masyarakat yang masih awam mengenai hal-hal religius, khususnya dalam ilmu membaca al-Quran. Diharapkan juga dapat mencetak generasi penghafal al-Quran dan mahir dalam bidang ini.


Reporter : Muhammad Fachri, Mahasiswa KPI 3C UIN Bandung.

Bagikan

Posting Komentar

 
Since © 2015 DAKWAHPOS - Media Dakwah Islam Aktual.
made with by incsomnia