x
BREAKING NEWS

Kamis, 03 Januari 2019

Kurang Layaknya Toilet dan Tempat Wudhu Masjid UIN SGD Bandung

Masjid merupakan fasilitas yang diperuntukkan bagi umat Islam sebagai tempat ibadah dan kegiatan sosial umat. Sebagai tempat ibadah khususnya sholat, maka keberadaan masjid harus selalu suci dan diperlukan jaminan akan sahnya wudhu para jamaah. Masjid membutuhkan kapasitas yang cukup dan pelayanan tempat yang baik untuk orang banyak. Karenanya ruang-ruang dalam masjid perlu mendapatkan perhatian khusus dalam penjagaan dan kebersihannya, antara lain adalah toilet dan tempat wudhu yang mana ada kaitannya dengan hal bersuci dari najis.

Masjid Iqomah merupakan masjid yang berada di lingkungan UIN Sunan Gunung Djati Bandung. Sama halnya dengan masjid yang lain, Masjid Iqomah pun perlu mendapatkan perhatian khusus terutama pada bagian toilet dan tempat wudhu. Kurang terpeliharanya toilet dan tempat wudhu masjid iqomah ini membuat mahasiswa maupun pengunjung lain merasa kurang nyaman dalam penggunaannya. 

Lantai yang licin, banyak air yang menggenang, bau, kotor, kadang tidak ada air, saluran pembuangan yang mampet, jumlah toilet yang sedikit ditambah hanya beberapa yang bisa digunakan, pintu toilet yang rusak, toiletnya kurang layak pakai dan kapasitasnya yang minim tidak mampu menampung mahasiswa dan pengunjung yang jumlahnya banyak ketika memasuki waktu sholat.

Permasalahan ini sepertinya kurang di respon oleh pihak kampus, padahal jika diperhatikan ini merupakan hal yang sangat sensitive karena berkaitan dengan ibadah dan kenyamanan bersama. Jika tidak ditindak lanjuti tidak menutup kemungkinan masalah ini akan semakin parah.

Saya harap pihak kampus bisa lebih memperhatikan masalah fasilitas toilet dan tempat wudhu ini, mengapa? Karena kita sebagai mahasiswa sudah melakukan kewajiban kita yaitu dengan membayar UKT, yang mana dari pembayaran tersebut seharusnya kita bisa memakai fasilitas yang ada dikampus dengan nyaman. Ditambah lagi UKT mahasiswa baru tahun ini naik dan pastinya ada anggaran bantuan dari pemerintah, jadi seharusnya pihak kampus bisa sesegera mungkin untuk memperbaiki fasilitas yang rusak tersebut. Lalu perbanyak lagi peringatan bagi pengguna toilet dan tempat wudhu untuk menjaga kebersihannya.

Bagikan

Posting Komentar

 
Since © 2015 DAKWAHPOS - Media Dakwah Islam Aktual.
made with by incsomnia