x
BREAKING NEWS

Kamis, 03 Januari 2019

Kesadaran adalah Solusinya

Faktor utama penyebab masalah sampah di Indonesia khususnya di Jakarta adalah masyarakatnya sendiri. Mengapa demikian? Karena kesadaran masyarakat sendiri akan bahaya dari sampah masih sangat kurang. 

Sebenarnya pemerintah  sudah sangat berupaya untuk mengatasi masalah tersebut. Mungkin upaya efektif yang bisa dilakukan saat ini ada dua cara. Pertama, pemerintah di tingkat desa harus sering mengadakan sosialisasi tentang masalah sampah ini. Cara pemanfaatannya agar tidak menjadi wabah penyakit. Kemudian, sosialisasinya dibarengi  dengan pergerakan pemanfaatan sampah, sehingga masyarakat lebih tahu apa yang harus dilakukan. Kedua, dengan cara yang keras. Yaitu pemerintah harus menegur masyarakat yang kedapatan membuang sampah sembarangan. Teguran bisa berupa hukuman seperti membersihkan lingkungan sekitar, memunguti sampah yang berserakan misal. Jika langkah-langkah tadi sudah dilakukan akan mempermudah pemerintah untuk mengolah sampah. Bahkan pemerintah Jakarta sudah mengalokasikan dana yang banyak untuk sampah, setidaknya bisa terkurangi jika masyarakat sadar. Pemerintah sudah bekerjasama dengan pemprov DKI dalam pendanaannya. Diberlakukan juga satu RW mendapat satu TPS untuk membuang sampah, sehingga mengurangi tugas pemprov dalam hal pengolahan sampah.

Jadi kita sebagai orang yang berpendidikan  harus mencari cara supaya bisa merubah pola pikir masyarakat terhadap  kesadaran menjaga lingkungan. Percuma jika pemerintah memiliki aturan khusus/solusi namun masyarakat tidak memiliki kesadaran sendiri, akan sulit untuk diatasi.

Nama : Najma Tasya Ilahy
Status : Mahasiswi
Alamat : Nuansa Junti Residence A.8 Des. Sangkanhurip Kec. Katapang Kab. Bandung
No. Telp : 087821483955

Bagikan

Posting Komentar

 
Since © 2015 DAKWAHPOS - Media Dakwah Islam Aktual.
made with by incsomnia