x
BREAKING NEWS

Kamis, 03 Januari 2019

Dampak Ganjil Genap

Kebijakan plat nomor ganjil genap di jalanan Ibukota kembali diperpanjang. Jika sebelumnya kebijakan ini dimaksudkan untuk sampai selesainya Asian Games lalu Asian Para Games lalu diperpanjang menjadi hingga akhir Oktober, dan sekarang kembali diperpanjang menjadi hingga akhir tahun.

Jika awalnya kebijakan ini hanya untuk memudahkan mobilisasi para atlet dan official Asian Gamse dan Asian Para Games, ternyata Dishub DKI Jakarta merasa puas dengan hasil dari kebijakan tersebut. Karena dinilai telah banyak dampak positif yang dihasilkan yaitu, peningkatan kecepatan, penurunan waktu tempuh, meningkatnya pengguna kendaraan umum, dll.

Memang kemacetan menjadi sedikit terkondisikan dengan kebijakan tersebut, namun apakah akan selamanya begitu. Banyak warga yang berkata bahwa kebijakan ini sama sekali tidak menghilangkan kemacetan, namun hanya memindahkan kemacetan. Karena, setelah adanya kebijakan ini jalan alternatif yang menjadi macet. Ada juga warga yang mengeluhkan tentang tempat tujuannya yang tidak dilintasi oleh kendaraan umum, tak ada pilihan lain selain membawa kendaraan pribadi sehingga dengan peraturan ini menjadi menyulitkan mereka.

Selain itu, jika kecolongan banyak banyak juga yang melakukan kecurangan untuk mengelabui petugas, yaitu mengganti plat nomor sesuai hari. Namun, petugas akan menindak tegas pelaku yang melakukan kecurangan.

Kebijakan ganjil genap memang dapat mengatasi kemacetan, namun itu hanya di titik tertentu. Masyarakat akan setuju dan mendukung penuh program ini jika masyarakatnya telah mendapatkan apa yang dibutuhkan. Yaitu kelayakan dan kelengkapan transportasi umum agar mobilisasinya tidak terganggu dengan program-program ini, namun sebaliknya menjadi terbantu. 

Nama :  Renawati Maulani

Mahasiswi semester 3 Jurusan KPI UIN Sunan Gunung Djati Bandung


Bagikan

Posting Komentar

 
Since © 2015 DAKWAHPOS - Media Dakwah Islam Aktual.
made with by incsomnia