x
BREAKING NEWS

Kamis, 03 Januari 2019

Bukan Hanya Tugas Pasukan Oranye

Masalah sampah di Jakarta memang tak pernah ada habisnya. Menjadi permasalahan utama yang harus segera diselesaikan. Setiap calon pemipin di Ibukota selalu memiliki visi memberantas permasalahan sampah, namun belum ada satupun yang bisa menuntaskan problema sampah sampai ke akar.
Menggunungnya sampah tentu sangat merugikan masyarakat, karena sampah adalah sumber penyakit dan juga penyebab utama banjir. Sampah menyumbang andil besar pada berbagai pencemaran karena menyebabkan pencemaran air, tanah, dan udara.
Pemerintah selalu mengerahkan berbagai usaha untuk menghilangkan permasalahan sampah, diantaranya adalah pasukan oranye. Namun cara ini tetap saja belum bisa menghentikan permasalahan sampah. Karena yang salah disini adalah mental masyarakatnya. Masyarakat sedikit sekali yang memiliki mental cinta kebersihan. Sehingga sebanyak dan serajin apapun pasukan oranye membersihkan sampah, jika mental masyaraktnya masih sama tetap tak ada gunanya. Bisa dibayangkan sepuluh yang membersihkan berbanding dengan seribu yang mengotori. Tentu kalah telak.
Jadi intinya, tugas menjaga kebersihan bukan hanya milik pasukan oranye. Tapi kita semua. Menjaga kebersihan bukan hanya kewajiban pasukan oranye, tapi seluruh masyarakat. Jika masyarakat telah sadar sepenuhnya tentang pentingnya kebersihan dan membuang sampah pada tempatnya, tentu tidak akan sesulit ini untuk menciptakan lingkungan di Kota Jakarta yang bersih dan bebas sampah. 


Nama :  Renawati Maulani
Mahasiswi semester 3 Jurusan KPI UIN Sunan Gunung Djati Bandung

Bagikan

Posting Komentar

 
Since © 2015 DAKWAHPOS - Media Dakwah Islam Aktual.
made with by incsomnia