x
BREAKING NEWS

Kamis, 03 Januari 2019

Ambil hikmah kebijakan ganjil genap

Padatnya lalu lintas yang berjalan di Jakarta sudah tidak bisa dipungkiri dari kemacetan, kebijakan-kebijakan yang telah di tanamkan tetap tidak membuat kemacetan di ibu kota ini memudar. Namun kebijakan yang berlaku sekarang ini, yaitu kebijakan ganjil genap lumayan berpengaruh pada kinerja lalu lintas di Jakarta.

Kebijakan ganjil genap ini mengundang ungkapan negatif maupun positif dari masyarakat, tetapi memang terbukti kebijakan ini berpengaruh mulai dari mengurangi intensitas kecelakaan, kecepatan kendaraan meningkat yang berarti berkurangnya kemacetan, bahkan hingga mengurangi kadar karbondioksida di daerah ibu kota.

Peraturan Gubernur DKI Jakarta nomor 92 tahun 2018 tentang pembatasan nomor kendaraan ganjil-genap disejumlah ruas jalan Ibu Kota Jakarta Penyelenggaraan Asian Para Games 2018 akan berakhir pada 13 Oktober 2018, namun peraturan ini diperpanjang hingga tanggal 31 Desember 2018 dan ada pengecualian pada ruas jalan dengan kebijakan ganjil genap, yaitu segmen persimpangan terdekat sampai dengan pintu masuk tol dab segmen pintu keluar tol sampai dengan persimpangan terdekat.

Menurut saya peraturan ini sebenarnya untuk kebaikan kondisi Jakarta juga, karena harapan dari pemerintah mengenai perpanjangan ini adalah untuk merangsang gaya hidup masyarakat yang tadinya menggunakan kendaraan pribadi beralih keangkutan umum. Dengan begitu apa salahnya kita menaati peraturan ini, toh bermanfaat bagi kita juga. Jangan memandang negatif dari peraturan ini, cobalah untuk melihat hal positifnya, karena dibalik semua ini pasti ada hikmahnya.


Biodata diri   
Nama        : Muhammad Fachri           
Status         : Mahasiswa   
Alamat        : Kp. Cibatu Caringin RT/RW 28/05 Kel.Nagrak Kec.Cisaat Kab.Sukabumi
No telp.    : 087720602999       
Email           : muhfachri273@gmail.com

Bagikan

Posting Komentar

 
Since © 2015 DAKWAHPOS - Media Dakwah Islam Aktual.
made with by incsomnia