x
BREAKING NEWS

Jumat, 21 Desember 2018

Waspada Bencana

Negri kita adalah negri yang memang rawan bencana. Letak geografis Indonesia berada di kawasan "ring of fire" atau cincin api. Tentu saja itu akan menyebabkan Indonesia terancam seringnya terjadi bencana. Banyak wilayah negara Indonesia yang memang sangat rawan Gempa bahkan Tsunami. Bahkan hampir seluruh pulau menunjukan banyak titik api center. 
Pada umumnya warga negara Indonesia belum siap untuk menghadapi bencana, mungkin karena kurangnya pengetahuan atau informasi. Harusnya pemerintah mengatur tataruang untuk pembangunan rumah warga ataupun bangunan industri. Agar masyarakat Indonesia tidak membangun rumah di kawasan yang sangat rawan bencana. Kalaupun pembangunan di wilayah rawan bencana sudah terjadi, pemerintah harus mempersiapkan masyarakatnya untuk menghadapi bencana.
Mempersiapkan masyarakat untuk menghadapi bencana tentu tidaklah mudah. Untuk mempersiapkan masyarakat menghadapi bencana, bisa dilakukan dengan berbagai cara, salah satunya dengan mengadakan "penyuluhan tanggap bencana" ke setiap sekolah atau desa-desa di wilayah Indonesia. Mungkin cara ini sudah dilakukan oleh BMKG, hanya saja belum menyeluruh ke semua sekolah dan wilayah Indonesia. Dan cara ini juga harus dilakukan secara berkala dan berkelanjutan agar masayarakat Indonesia siap menghadapi ancaman bencana kapan saja. 
Kemudian BMKG juga seharusnya mempunyai alat pendeteksi Gempa yang banyak dengan ukuran wilayah Indonesia yang sangat luas ini serta mempunyai satelit komuikasi khusus, agar peringatan bencana Gempa ataupun Tsunami cepat sampai kepada masyarakat.



Nenden Siti Aminah Jalilah
Mahasiswi KPI UIN SGD Bandung

Bagikan

Posting Komentar

 
Since © 2015 DAKWAHPOS - Media Dakwah Islam Aktual.
made with by incsomnia