x
BREAKING NEWS

Kamis, 27 Desember 2018

ulfa ankin_resensi buku ilmu dakwah


 

 

Judul Buku  : Ilmu Dakwah. Perspektif Filsafat Mabadi 'Asyarah
Penulis       : Dr. H. Tata Sukayat, M.Ag.
Penerbit      : Simbiosa Rekatama Media
Cetakan      : Tahun2015
Tebal          : 178 Halaman

DAKWAH tidak mengenal tempat dan sasaran tertentu, namun dakwah dapat dilakukan oleh siapa saja dan di mana saja. Ilmu dakwah merupakan bagian dari komponen ilmu-ilmu sosial. 

Kata "dakwah" berasal dari bahasa Arab yang artinya ajakan, seruan, panggilan, dan undangan. Hakikat dakwah Islam adalah ajakan untuk menuju jalan Allah demi kebaikan dan kebenaran sesuai ajaran Alquran dan hadist. Kegiatan dakwah akan diterima oleh masyarakat jika dilakukan dengan mengikuti tuntunan Al-Quran yaitu bil hikmah dan mau idhotil hasanah, sebagaimana yang dicontohkan oleh Nabi Muhammad saw.

Seorang juru dakwah harus mampu memahami dan membaca situasi dan kondisi masyarakat yang dihadapi. Bahwa hakikatnya masyarakat itu mempunyai tingkat pendidikan dan pengetahuan yang berbeda-beda dalam menerima isi dakwah. Problematika dan tantangan dakwah semakin kompleks sejalan dengan perkembangan zaman dan teknologi serta perkembangan masyarakat menuju era global yang langsung maupun tidak langsung mempengaruhi pola pikir.

Dr. H. Tata Sukayat, M.Ag. dalam bukunya berjudu Ilmu Dakwah ini mengklasifikasikan problematik dakwah dalam beberapa bentuk: problematik dakwah dari segi pesan dakwah, problematik dakwah dari segi subjek dakwah, dan problematik dakwah dari segi dakwah sebagai profesi. Berbagai bentuk problematik dakwah itu yang menarik penulis untuk membahas berbagai macam persoalan dalam Ilmu Dakwah.

"Selama ini Islam acapkali dipahami hanya sebagai persoalan ibadah yang pemaknaannya masih terbatas pada pola hubungan hamba dengan Tuhan (vertkal). " (hal.97). Kutipan itu dengan jelas memaparkan bahwa pandangan masyarakat awam terhadap Islam hanya persoalan ibadah saja. Padahal kalau dilihat dari pandangan yang luas, Islam merupakan agama yang rahmatan lil alamin membuat setiap pemeluknya memiliki tanggungjawab sosial agar masyarakat memiliki perilaku sosial yang bertanggungjawab, transparan, dan berkeadilan.

Buku ini menarik karena didalam buku terbitan Simbiosa Rekatama Media ini tidak hanya menjelaskan tentang berbagai rupa problematika dalam Ilmu Dakwah namun juga solusi untuk segala bentuk problematik ilmu dakwah dengan pendekatan secara kultural dan struktural. Namun begitu, buku ini sama sekali tidak membahas mengenai problematik dakwah dari segi keberagaman budaya. Padahal saat ini permasalahan budaya juga menjadi problematik yang menuntut para juru dakwah untuk lebih mendalami solusi masalah kebudayaan masyarakat.

Cover dengan tulisan berwarna hijau dalam buku ini menambah kesan elegan, meski isi buku diulas dengan gaya bahasa yang monoton, tetapi cukup menarik dan sangat bermanfaat bagi pembacanya. 

Penulis selalu mengiringi opininya dengan hadits dan ayat Allah. Sehingga lebih meyakinkan pembaca dengan apa yang dipaparkan oleh penulis.

Buku ini dapat menjadi panduan kepada semua kalangan, baik tua maupun muda, terutama yang mempunyai niat untuk berdakwah dengan baik, buku ini dapat menjadi solusi. Semoga buku ini memberikan manfaatyang banyak kepada pembacanya.

 

Ulfa Ankin Saraswati


Virus-free. www.avast.com

Bagikan

Posting Komentar

 
Since © 2015 DAKWAHPOS - Media Dakwah Islam Aktual.
made with by incsomnia