x
BREAKING NEWS

Rabu, 19 Desember 2018

Santri Al-Faqih di Ajarkan Untuk Berdakwah

Dakwahpos.com, Bandung-  Kegiatan mengaji kitab kuning di Pondok Pesantren Al-Faqih dua y sudah hampir berjalan sekitar 4 tahun, kegiatan mengaji ini dilaksanaknan di Masjid Al-Manar, Cibiru. Selain kegiatan mengaji kitab kuning, kegiatan belajar di Ponpes Al-Faqih dua ini juga diselingi dengan memberikan waktu untuk para santri belajar untuk belajar untuk bisa berbicara didepan orang banyak dengan diberi kesempatan berceramah di depan para santri lainnya.
Kegiatan yang  diajukan pengurus dari bidang pendidikan pondok pesantren ini baru saja berjalan sekitar 2 bulan. Kegiatan ini dilaksanakan tidak tanpa alasan, para pengurus dan juga rois dari pondok pesantren ingin melihat potensi yang dimiliki oleh setiap santri dan memberikan wadah untuk para santri yang memang menyukai bidang tersebut.
"Kita sebagai pengurus ingin melihat potensi yang dimiliki oleh santri dan santriawati di pondok ini dan kita juga ingin melatih santri agar terbiasa untuk berdakwah nanti dikemudian hari" ucap Ridwan, Rois Pondok Pesantren (17/10/2018).
"Karena nantinya santri dan santriawati lah yang akan melanjutkan peran ulama, berdakwah kepada masyarakat, mereka akan banyak sekali menemukan orang-orang di luar sana untuk mereka dakwahi" lanjutnya lagi.
Kegiatan yang dilaksanakan setiap hari beberapa menit sebelum dimulainya mengaji ini disambut dengan berbagai respon oleh sekitar 200 santri di pondok pesantren ini, sebagian dari mereka ada yang menyambut dengan senang hati dan semangat dan ada juga yang meresponnya dengan sedikit tidak bersemangat karena merasa malu untuk berbicara didepan orang banyak.
"Berbagai respon datang dari mereka para santri ketika kita mengumumkan program ini, ada yang senang menyambutnya da nada juga yang tidak, karena merasa malu untuk berceramah didepan santri yang  lain" ucap Ridwan.
Meskipun berbagai macam respon datang dari para santri, kegiatan ini tetap berjalan dan sudah terjadwal setiap harinya sekitar 6 orang yang berkesempatan berceramah dengan masing-masing durasi 5 menit. Dan mereka yang sebelumnya malu-malu tetap semangat menjalankan program ini karena menjadikan ini sebagai latihan untuk kedepannya.
"Iya Alhamdulillah, dengan adanya program dari bidang pendidikan ini saya jadi lebih berani untuk bisa berbicara dan berceramah didepan orang banyak, itung-itung latihan sebelum terjun langsung dan berdakwah kepada masyarakat"ucap Nisa, salah satu santri (17/10/18).
"Dan dari kegiatan ini juga, kita semua lebih banyak mendapatkan ilmu yang bisa dapatkan dari santri-santri lainnya yang ceramah"ucapnya lagi.
Harapan para pengurus dan pimpinan Pondok Pesantren Al-Faqih dua ini semoga nanti santri bisa menjadi penerus para ulama, para ustad dalam berdakwah dalam bidang apapun mulai dari bidang ekonomi, politik, dan lain sebagainya.
"Saya dan semua pengurus juga pimpinan ponpes ini berharap agar nantinya para santri disini bisa menjadi penerus ulama, meneruskan perjuangan Nabi untuk berdakwah dibidang apapun itu"tutup Ridwan (17/10/18).
Reporter : Khairunissa/ KPI 3B

Bagikan

Posting Komentar

 
Since © 2015 DAKWAHPOS - Media Dakwah Islam Aktual.
made with by incsomnia