x
BREAKING NEWS

Sabtu, 15 Desember 2018

Resensi Thawafnya Semesta

Thawafnya Semesta
Data Buku :
Judul Buku : Semesta Pun Berthawaf
Pengarang : Prof. T. Djamaluddin
Penerbit : Mizan
ISBN : 978-602-441-051-3
Tahun Terbit dan Cetakan : 2018 cetakan ke I
Tebal Buku : 152 Halaman
Harga Buku : Rp 72.000
Buku ini mengungkapkan tentang keterkaitan antara sains dengan agama. Apakah Al-Qur'an hanya dipandang sebagai cerita zaman dahulu saja. Dalam buku ini Prof. T.Djamaluddin mengajak agar kita dapat membaca isyarat-isyarat alam untuk mendekatkan diri kepada Allah Subhanahu Wa Ta'ala. 
Buku ini mendorong pembacanya agar menggunakan akalnya yang diberikan Allah Subhanahu Wa Ta'ala untuk membaca alam semesta. Didalam buku ini memiliki ilustrasi-ilustrasi dan foto-foto alam semesta yang ada didunia yang telah diciptakan Allah Subhanahu Wa Ta'ala. Dalam ilustrasi dan fotonya menyingkapkan tentang makna peciptaan alam semesta.  
Alam semesta merupakan suatu sarana bagi manusia untuk menggunakan akalnya untuk berfikir dari awal terciptanya alam hingga tujuan penciptaan alam semesta. Buku ini mengajak pembaca  agar manusia semestinya menjadikan Al-Qur'an sebagai dasar dalam mempelajari alam semesta. Selain itu juga menjelaskan tentang bukti-bukti kebeasaran Allah Subhanahu Wa Ta'ala.
Kebesaran yang terkandung dalam di alam semesta dapat dilihat dari obyek-obyek alam semesta.  Melalui pendekatan astronomi, Prof. Tjamaluddin ingin mengajak pembaca agar bisa memahami alam semesta. Biasnya orang-orang jika memahami ilmu astronomi hanya menggunakan pengetahuan ilmiah atau sains. 
Namun dalam buku ini pembaca diarahkan untuk memahami alam semesta ini dengan pendekatan sains dan juga agama. Banyak sekali penjelasan mengenai fenomena langit yang akan semakin mendekatan pada Sang Pencipta, yaitu Allah Subhanahu Wa Ta'ala. Banyak hal-hal menarik yang diulas sehingga akan menarik pembaca.
Kita akan dibimbing untuk memahami fenomena-fenoma astronomi yang akan membimbing kita kearah penyucian jiwa dan menyadari kenisbian manusia. Penyucian jiwa merupakan masalah yang penting dalam Islam karena pada hakikatnya manusia memiliki jiwa yang bersih. Sehingga manusia yang memiliki jiwa yang tidak bersih harus dibersihkan agar kembali lagi kepada fitrahnya. 
Kita juga akan diajak memahami sebuah paradigma berfikir tentang arti persatuan yang hakiki melalui pelangi dan cahaya matahari. Kita juga akan memahami apa arti kalbu, kalbu merupakan sebuah detektor yang berfungsi membimbing manusia. Manusia harus dapat menentukan mana yang baik dan yang buruk. Karena kalbu yang kotor akan menjadikan manusia menjadi buta terhadap kebenaran ayat-ayat-Nya. 
Didalam buku ini juga menjelaskan teori tentang bumi yang bulat, teori ini juga memiliki landasan ilmiah yang kuat dan bisa dibuktikan melalui ayat-ayat kauniyah. Dan yang paling penting adalah didalam buku ini kita akan mengerti kenapa alam semesta berthawaf kepada Allah Subhanahu Wa Ta'ala dan apakah jiwa manusia juga berthawaf kepada-Nya.
Kelebihan dalam buku ini terlihat dari tulisan penulis dalam menghubungkan antara ayat-ayat Al-Qur'an dengan alam semesta. Hubungan antara ayat-ayat Al-Qur'an dengan alam semesta dijelaskan dengan bahasa yang mudah dimengerti untuk orang awam juga. Didalam buku ini pun banyak rujukan-rujukan ayat-ayat Al-Qur'an sehingga membuat pembaca menjadi luas pemahamannya tentang  hubungan astronomi dengan Al-Qur'an. 
Selain itu didalam buku ini juga dilengkapi dengan sebuah ilustrasi yang akan menarik perhatian pembaca yang akan membuat kagum dan membuat pembaca ingin melihanya secara langsung. Buku ini pun diselipkan beberapa kata-kata mutiara diawal setiap Bab. Kata kata mutiara itu bisa menjadi sebuah motivasi pembaca untuk melakukan dengan semangat aktivitasnya. 
Buku ini sangat cocok bagi para pembaca yang menyukai dunia astronomi dan dunia ke Islaman. Pembaca akan mendapatkan pengetahuan yang lebih luas antara dunia astronomi dan dunia Islam. Pembaca juga akan menjadi heran  dan sangat menarik sekali dimana ayat-ayat Al-Qur'an yang sudah ada sejak  dahulu sudah menjelaskan sebelum teknologi maju seperti sekarang. 
Namun sayang buku ini juga masih memiliki kekurangan meskipun ia memiliki banyak sekali kelebihan yang dimilikinya. Didalam buku ini terdapat beberapa istilah asing yang kurang penjelasannya. Sehingga untuk pembaca yang sama sekali tidak mengerti istilah asing akan sedikit kesulitan.Dalam menjelaskan tentang ayat-ayat al-Qur'an ada beberapa ayat yang berhubungan tentang alam semesta masih kurang detail dalam pembahasannya. 
Setelah membaca buku ini maka pembaca akan lebih memahami bagaimana cara membaca isyarat-isyarat alam. Jika pembaca sudah bisa membaca isyarat-isyarat alam maka pembaca akan bisa lebih mendekatkan diri kepada Allah Subhanahu Wa Ta'ala. Pembaca juga akan terdorong untuk selalu menggunakan akalnya untuk berfikir jika melihat kebesaran Allah Subhanahu Wa Ta'ala lainnya yang terjadi dialam semesta ini.

Bagikan

Posting Komentar

 
Since © 2015 DAKWAHPOS - Media Dakwah Islam Aktual.
made with by incsomnia