x
BREAKING NEWS

Kamis, 20 Desember 2018

Resensi Buku Syaikh Siti Jenar: Suluk Malang Sungsang

Resensi Buku Syaikh Siti Jenar: Suluk Malang Sungsang

 

Judul Buku                  : Syaikh Siti Jenar: Suluk Malang Sungsang (Buku Keenam)

Pengarang                   : Agus Suntoyo, Drs., M.Pd.

Penerbit                       : Mizan

Tahun Terbit               : 2017

Tebal Halaman            : 320 Halaman

ISBN                           : 978-602-441-032-2

Harga Buku                 : Rp. 54.400

 

Synopsis Buku

Syekh Siti Jenar. Kehadirannya telah menenteramkan sekaligus menggelisahkan! Ajaran Islam yang diajarkannya sangat kontroversial. Jika para wali lain di zamannya menanamkan Islam secara akulturasi, ia membangun Islam di Jawa secara asimilasi, yang kelak dikenal sebagai Islam Jawa atau Islam Kejawen. Pandangan sufistik Islam diramunya dengan mistik Jawa. Lahirlah Islam yang tidak berwajah keras, tapi memancarkan kesejukan sebagai rahmatan lil alamin.

Buku ini mengupas makna kematian yang diajarkan oleh tokoh yang lebih sering disalahpahami itu. Achmad Codjim juga membawa kita menyelami khazanah kearifan tradisional tentang rahasia alam, hidup, akal budi, hakikat dan eksistensi manusia yang diperkaya dengan pelbagai argumentasi keagamaan.

 

KELEBIHAN DAN KEKURANGAN

Kelebihan buku ini yaitu menggunakan kalimat yang sederhana sehingga pembaca mudah memahami cerita. Penulis memiliki gaya khas dan berbeda dengan penulis lain. Penulis berpegang pada gaya penulisan popular dalam mengungkapkan sejarah Syekh Siti Jenar. Melalui gaya kepenulisan popular dan sederhana namun bernas dan cerdas, maka kandungan dalam buku ini mudah dicerna oleh setiap pembaca. Buku ini juga dapat menambah pengetahuan tentang sejarah Syekh Siti Jenar.

Kekurangan buku ini yaitu tidak terdapat gambar yang digunakan untuk memperjelas keterangan. Gambar hanya terdapat pada halaman sampul saja. Selain itu terdapat kata-kata yang jarang didengar masyarakat.

 

Bagikan

Posting Komentar

 
Since © 2015 DAKWAHPOS - Media Dakwah Islam Aktual.
made with by incsomnia