x
BREAKING NEWS

Rabu, 26 Desember 2018

Resensi Buku "Komunikasi Keluarga Perspektif Islam"

Judul Buku : Komunikasi Keluarga Perspektif Islam
Penulis : - Dr. H. Enjang A.S.,M.Ag.,M.Si.
              - Encep Dulwahab,S.Sos.,M.I.Kom.
Penerbit : Simbiosa Rekatama Media
Cetakan : 1, November 2018
Tebal : 154 Halaman
ISBN : 978-602-7973-72-5

Pokok Pembicaraan : Bagaimana cara membangun komunikasi keluarga yang baik menurut perspektif agama islam.
Latar belakang penulis : Bapak Enjang yang merupakan wakil dekan dari fakultas dakwah dan komunikasi UIN Sunan Gunung Djati Bandung, dan Bapak Encep Dulwahab adalah ketua dari program studi ilmu jurnalistik UIN Sunan Gunung Djadi Bandung.

Buku ini membahas tentang bagaimana pentingnya mempelajari dan memahami komunikasi keluarga, bentuk-bentuk komunikasi keluarga, budaya komunikasi dalam keluarga, landasan komunikasi keluarga, dan etika komunikasi keluarga dari perspektif islam yang harus dijadikan rujukan sekaligus peringatan ketika berkomunikasi dengan orang lain dalam keluarga. Karena keluarga merupakan cikal bakal kehidupan, jika keluarga rapuh, kehidupan pun akan rapuh dan jika keluarga memiliki fondasi yang kuat, berbagai goncangan kehidupan akan mampu dilalui. Namun, tidaklah mudah membuat bangunan keluarga yang kuat. Begitu banyak keluarga yang hancur karena tidak mampu mengatasi persoalan yang timbul dalam kehidupan mereka.

Buku ini membuka keran-keran komunikasi keluarga yang mampat dan menghidupkan suasana komunikasi keluarga agar harmonis. Tidak hanya bermanfaat bagi keluarga dalam menyelesaikan persoalan yang sedang dihadapi, tetapi juga bagi mahasiswa yang mungkin akan membangun sebuah keluarga. Dibagian pertama buku ini menjelaskan tentang apa itu keluarga, mulai dari urgensi, hakikat, peran dan fungsi, karakteristik, dan problematika keluarga. Dan di bagian kedua memulai pembahasan lebih dalam mengenai komunikasi dan keluarga, penting nya komunikasi dan komunikasi dalam keluarga. Bagian ketiga membahas tentang bentuk-bentuk komunikasi keluarga yang terbagi menjadi dua didalam nya yaitu komunikasi interpersonal dan komunikasi kelompok. Bagian keempat membahas tentang mendengar lalu berbicara yaitu penjelasan tentang tujuan bagaimana baik nya mendengarkan, proses mendengarkan sampai hambatan-hambatan mendengarkan. Bagian kelima membahas tentang bagaimana penting nya empati dan persuasif terhadap orang lain. Bagian keenam membahas tentang bagaimana budaya komunikasi keluarga. Bagian ketujuh memasuki pembahasan tentang landasan komunikasi keluarga mulai dari akidah, bersyukur, menjaga amanah, memenuhi hak dan kewajiban. Dan di bagian terakhir membahas tentang etika komunikasi keluarga menurut Al Quran.

Keunggulan buku :
- memiliki cara penulisan yang mudah untuk dipahami.
- Terdapat banyak kutipan kata-kata insfiratif dari para ilmuan.

Hormat saya :
Nama : Nur alfiah agustina
Mahasiswi UIN Sunan Gunung Djati Bandung
Alamat : kp. Bungur jaya rt06/03 Desa. Pasawahan Kec.pasawahan Kab. Purwakarta
Email : alfiah.agustina@gmail.com
No hp : 089680810871
NIM : 1174020121

Bagikan

Posting Komentar

 
Since © 2015 DAKWAHPOS - Media Dakwah Islam Aktual.
made with by incsomnia