x
BREAKING NEWS

Kamis, 27 Desember 2018

Resensi Buku "Kapita Selekta Komunikasi: Pendekatan Budaya dan Agama"

                                                  Oleh: Siti Zulfania Arifin

Identitas
Judul Buku      : Kapita Selekta Komunikasi "Pendekatan Budaya dan Agama"

Penulis             : Drs. Ujang Saefullah, M.Si

Editor              : Nunik Siti Nurbaya

Penerbit           : Simbiosa Rekatama Media

Cetakan           : I. September 2007, II. September 2013

Tebal               : XVIII + 238 Halaman

ISBN               : 979-3782-33-1

Rangkuman Buku
Perkembangan ilmu komunikasi telah merambah ke berbagai dimensi kehidupan kita, mulai dari politik, ekonomi, sosial, budaya, dan agama. Dimensi politik melahirkan komunikasi politik dan komunikasi internasional; dimensi ekonomi melahirkan komunikasi bisnis; dimensi budaya melahirkan komunikasi antarbudaya dan antarperadaban, dimensi agama melahirkan komunikasi antaragama, komunikasi Islami, dan komunikasi transendental.

Komunikasi transedental adalah komunikasi yang berlangsung antara diri kita dengan sesuatu yang gaib. Untuk memahami komunikasi transendental secara alamiah, dapat ditelusuri lewat filsafat Islam. Sama halnya dengan komunikasi transendental, komunikasi antarperadaban merupakan ilmu tentang istilah kontemporer yang belum banyak dikaji dan kurang mendapat perhatian dari berbagai kalangan; baik para ilmuwan komunikasi, maupun praktisi komunikasi. 
Komunikasi antarperadaban sangat penting untuk menciptakan dunia yang damai, harmonis, dan sejahtera.
Buku Kapita Selekta Komunikasi ini memfokuskan pada kajian komunikasi dalam perspektif agama dan budaya, yang meliputi: Perkembangan Mutakhir Ilmu Komunikasi, Isu-isu Kontemporer Komunikasi Massa, Etika Komunikasi dalam Islam, Prinsip-prinsip Komunikasi Menurut Al-Quran, Komunikasi Transendental dalam Perspektif Filsafat Islam, Komunikasi Peradaban: Perspektif Agama, dan Komunikasi Antarbudaya: Perspektif Teori Interaksi Simbolik.Jadi, penulis dalam buku ini mencoba menyampaikan berbagai perspektif ilmu komunikasi dalam sudut pandang yang berbeda dengan berlandaskan ilmu pengetahuan dan ilmu agama.

Kelebihan Buku
Dengan mengedepankan diagram-diagram dan gambar-gambar yang sederhana, membantu buku Kapita Selekta Komunikasi ini untuk mudah dipahami oleh pembaca. Gambar yang ditampilkan lebih berupa peta konsep sederhana yang mampu menggambarkan apa yang sedang dibahas dalam bab tersebut. Selain gambar, sumber-sumber yang ada juga sangat meyakinkan para pembaca. Hampir dalam setiap paragraf tercantum darimana kalimat tersebut dikutip, hal ini menandakan bahwa penulis memang benar-benar ingin menyuguhkan sebuah ilmu pengetahuan berdasarkan kebenaran.

Kekurangan Buku
Sebenarnya tidak banyak kekurangan dari buku Kapita Selekta Komunikasi "Pendekatan Budaya dan Agama" karangan Drs. Ujang Saefullah, M.Si ini. Hanya saja ada beberapa kosakata atau pengertian-pengertian yang tertulis dalam buku dimana kata-kata itu biasanya sangat asing bagi para pembaca yang masih awam dan hal itu cukup mengganggu pembaca untuk mengerti tentang apa yang sedang dibahas dalam bab-bab buku tersebut.

Kesimpulan
Buku Kapita Selekta Komunikasi "Pendekatan Budaya dan Agama" sudah memberikan tambahan ilmu pengetahuan khususnya dalam perkembangan ilmu komunikasi. Dengan melihat keunggulan dan kekurangan buku, bukan suatu hal yang luarbiasa apabila dalam sebuah buku terdapat beberapa keunggulan maupun kekurangan yang hal tersebut sudah pasti ada dalam setiap buku. Bagaimanapun buku ini disusun oleh orang-orang yang berkomitmen untuk memberikan suatu ilmu yang nilai kebermanfaatannya sangat diutamakan. Sang penulis Ujang Saefullah pasti berharap buku ini mampu menambah keinginan mahasiswa untuk mempelajari ilmu komunikasi dan menjadi sokongan penulis untuk para praktisi maupun pemerhati di bidang ilmu-ilmu sosial dan ilmu komunikasi.

Bagikan

Posting Komentar

 
Since © 2015 DAKWAHPOS - Media Dakwah Islam Aktual.
made with by incsomnia