x
BREAKING NEWS

Kamis, 20 Desember 2018

RESENSI BUKU-JAUHI NERAKA


Nama    : Acep Mohammad Kholis Munir
NIM    : 174020002
Kelas    : KPI 3/A
Matkul    : Jurnalisme Dakwah
Dosen Pengampu : Dr. Uwes Fatoni, M.Ag

RESENSI BUKU


Judul Buku : JAUHI NERAKA
Dosa Dosa Ahli Neraka
Pengarang : Khaled Abu Shadi
Penerbit : Safina
Tahun Terbit : 2017
Tebal : 178 Halaman
ISBN : 978-602-5453-10-6
Harga : Rp. 49.000,00;
 
Rasa Takut Terhadap Neraka Berharap Terhadap Surga
Alasan penulisan buku ini, Suatu ketika, Hassan Al-Banna berjalan menyusuri puing-puing bumi jihad, Palestina. Tiba-tiba, dia melihat seorang pemuda tanggung berjalan sembari membawa senapan di kedua tangannya. Wajahnya menyiratkan semangat jihad dan keteguhan yang luar biasa. Sang Imam merasa tertarik, lalu bertanya, "Siapa namamu?" "Qais," pemuda tanggung itu menjawab tegas. "Lalu, di mana Lailamu?" canda sang Imam. "Lailaku berada di surga!" Sungguh bahagia hati Imam Hassan mendengar jawabannya. Kemudian beliau mendoakan kebaikan baginya. 
Sufyan Al-Tsauri berkata, "Seandainya keyakinan telah bersemayam dalam hati sebagaimana mestinya, niscaya ia akan terbang dengan penuh suka cita atau dukacita, dengan penuh rasa rindu terhadap surga atau penuh rasa takut terhadap neraka. Karena itu, bacalah buku ini dengan perlahan dan mendalam agar Anda bisa menikmati cita rasa surga dan merasa yakin denga-Nya. Barang siapa telah mampu mengecap nikmatnya surga, niscaya ia tidak akan mendapatkan penggantinya, dan ia tidak akan puas atau tenang hingga ia benar-benar melihat surga secara langsung.
Melalui lembar deml lembar buku ini, saya justru ingin Anda masuk lingkaran kehidupan dunia nyata, bukan malah mengusirnya, karena dunia adalah pasar tempat Anda bisa membeli surga di dalamnya. Di pasar inilah Anda bisa menukar keridhaan Allah Karena itu, hendaknya Anda selalu cermat memperhatikan setiap peluang yang ada untuk mendapatkan surga. Buku ini bukan tentang kematian atau kehidupan setelah mati. Buku ini tentang kehidupan dan bagaimana kita mengisinya. 
Buku ini bertutur bagaimana Anda bersikap profesional dalam setiap pekerjaan, menjadi yang terbaik dalam bidang akademik memperoleh laba yang besar dalam setiap perniagaan, membahagiakan keluarga yang Anda cintal, menyambungkan talí persaudaraan, dan bagaimana anda mengerjakan seluruh ketaatan kepada Allah, menolong agama-Nya, dan melayani hamba-hamba- Nya. Motivasi yang akan mendorong Anda adalah Surga Firdaus yang selalu bersemayam di dalam kalbu, ridha Allah yang selalu diharapkan, dan rasa tamak terhadap pahala.
Inilah buku tentang gambaran neraka: siksa dan panasnya, minuman ahli neraka, bahan bakar neraka, dosa-dosa yang akan mendorong ke neraka, serta ragam ketaatan yang akan menjauhkan kita dari neraka. Membaca buku ini semoga menjadi titik tolak kehidupan kita semua. Menumbuhkan rasa takut pada neraka, takut kepada Allah, takut berbuat dosa. Mengubah pikiran dan kejiwaan kita menjadi lebih ukhrawi. Menyembuhkan hati kita yang lalai, dan mengendalikan derasnya dorongan syahwat, menuju ridha Allah untuk meraih surga-Nya.
Sesungguhnya orang-orang yang kafir kepada ayat-ayat Kami, kelak akan Kami masukkan mereka ke neraka. Setiap kali kulit mereka hangus, Kami ganti kulit mereka dengan kulit yang lain, supaya mereka merasakan azab. Sesungguhnya Allah Mahaperkasa lagi Mahabijaksana, -QS Al-Nisâ' (4): 56 Disiramkan air yang sedang mendidih ke atas kepala mereka. Dengan air itu dihancurluluhkan segala apa yang ada dalam perut mereka. -QS Al-Hajj (22): 19-20 Rasulullah Saw. bersabda, ^Sesungguhnya penduduk neraka yang paling ringan siksanya adalah orang yang memiliki dua sandal dan dua tali sandal dari api neraka. Otaknya akan mendidih karena panasnya sandal tersebut sebagaimana kuali mendidih. Orang tersebut merasa bahwa tidak ada seorang pun yang siksanya lebih pedih daripadanya, padahal siksanya adalah yang paling ringan di antara mereka.^ -HR Muslim 
Buku ini menjelaskan besarnya neraka, Abu Hurairah r.a berkata, " Ketika bersama Nabi SAW, tiba-tiba kami mendengar sesuatu yang jatuh berdentum. Lalu Nabi SAW bertanya, "Tahukah kalian apa itu?" Kami menjawab, "Allah dan Rasul-Nya lebih mengetahui. Beliau bersabda, itu adalah batu  yang dilemparkan Allah ke Neraka sejak tujuh puluh tahun, dan sekarang ia jatuh mencapai kerak neraka."
Siapapun yang mengerjakan sebab-sebab keselamatan daripada yang lain, peluang untuk selamatnya pun lebih besar, dan ia akan bergabung dengan para sahabat yang mulia. Mereka akan mendapatkan keselamatan pada saat mereka masih hidup, dan mereka dikabarkan terbebas dari api neraka, padahal mereka masih berada dimuka bumi. Jika bukan Abu Bakar Ash-Siddiq jika bukan yang berada di urutan terdepan, lalu siapa lagi ?
Aisyah R.A menuturkan bahwa Abu Bakar menemui Rasululah SAW., maka beliau bersabda . "Engkau adalah orang yang dibebaskan oleh Allah dari api neraka." Sejak saat itulah Abu Bakar disebut sebagai 'Atiq. 
Kelebihan buku ini adalah banyak menggunakan dalil Al-Quran juga Hadits sebagai rujukannya, sehingga pembaca dapat langsung menerima apa yang ada dalam buku ini. Juga pembaca dapat memahami bagaimana kedaan neraka juga bagaimana siksaan ahli neraka karena buku jelas dalam memaparkannya. Juga isinya dibuat semenarik mungkin dengan perpaduan warna dan ilustrasi memnuat pembaca nyaman saat membacanya.

Untuk Siapa buku Ini? buku ini bagi orang yang lebih mementingkan kehidupan yang fana daripada yang kekal, mengutamakan sakit daripada kesembuhan, dan orang yang berani menjual lautan demi anak sungai; Orang-orang yang mengalami ujian dan cobaan, sebagai bentuk hiburan dan kegembiraan bagi mereka, serta mengingatkan bahwa balasan yang melimpah dan pahala yang besar tengah menunggu mereka, Orang-orang yang menikmati berbagai kenikmatan dan limpahan kekayaan, agar mereka ingat bahwa ada nikmat yang jauh lebih besar dan kelezatan yang lebih menggiurkan tengah menunggu mereka, Orang-orang yang taat sebagai motivasi untuk memantapkan langkah mereka, menguatkan hati mereka dalam menghadapi badal fitnah dan gelombang syahwat, serta bujuk rayu para pengikut hawa nafs.u Para aktivis dakwah, untuk mengusap keringat yang mengucur dari kelelahan dan keletihan mereka saat berjuang keras memberikan jalan petunjuk bagi manusia, dan juga sebagai hiburan bagi mereka atas berbagai aniaya yang mereka terima sebagai konsekuensi dari keistiqamahan berjalan di atas jalan para nabi; 
Buku ini juga untuk saya, Anda, dia, dan untuk semua orang, baik yang lalai maupun yang terjaga, yang taat maupun maksiat, yang luhur maupun rendah.
Kekurangan buku ini ialah didalamnya tidak dicantumkan bunyi dalilnya (bahasa Arabnya) hanya melampirkan terjemahannya saja, itu membuat pembaca harus membuka langsung Al-Quran atau Hadits nya. Juga tidak ada pembatas halaman, sehingga harus dilipat, itu membuat kertas menjadi tidak bagus.

Bagikan

Posting Komentar

 
Since © 2015 DAKWAHPOS - Media Dakwah Islam Aktual.
made with by incsomnia