x
BREAKING NEWS

Rabu, 26 Desember 2018

RESENSI BUKU ILMU KOMUNIKASI SEBUAH PENGANTAR PRAKTIS

Judul Buku : ILMU KOMUNIKASI SEBUAH PENGANTAR PRAKTIS
Penyusun : Ngalimun, S.Pd, M.Pd, M.I.Kom
Penerbit : PUSTAKA BARU PRESS
Tahun Terbit : 2017
Tebal Buku : 176 Halaman
ISBN : 978-602-0874-93-7

Tentang Pengarang :
Ngalimun, S.Pd, M.Pd, M.I.Kom dilahirkan di Terusan Karya sebuah desa di Kabupaten Kapuas Kalimantan Tengah. Pendidikan tinggi beliau diawalai program D II PGMI di STAI Darussalam Martapura. Setelah lulus beliau melanjutkan pendidikannya ke jenjang S1 FKIP Universitas Achmad Yani Banjarmasin kemudia S2 Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia pada Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin. Bukan hanya bidang Bahasa dan Sastra beliau juga melanjutkan pendidikanya di bidang Komunikasi pada Universitas Islma Kalimantan.
Beliau sekarang sebagai Dosen pada Fakultas Ushuluddin, Adab dan Dakwah IAIN Palangka Raya. Sebelum di IAIN Palangka Raya, beliau juga pernah bekerja sebagai Dosen di Universitas Achmad Yani Banjarmasin (2007-2016), Dosen Luar Biasa IAIN Antasari Banjarmasin (2011-2016), Dosen Luar Biasa POLTEKES Kemenkes Banjarmasin (2012-2016) dan Dosen Luar Biasa STIKES Husada Borneo Banjarbaru (2012-2014). Selain mengajar, beliau juga aktif membina kelompok belajar yang didirikannya dengan nama MASCA Studi Club Martapura (2003 sampai sekarang).
Sinopsis
Buku yang berjudul "Ilmu Komunikasi Sebuah Pengantar Praktis" ini ditulis oleh Ngalimun, S.Pd, M.Pd, M.I.Kom, buku ini hadir untuk memperkenalkan secara singkat bagi pemula yang akan belajar Ilmu Komunikasi. Buku ini juga bisa dipakai sebagai bahan ajar pada jurusan Dakwah dan Komunikasi. Dan tidak hanya itu, buku ini juga bisa digunakan sebagai bahan bacaan bagi mahasiswa dan umum yang akan belajar Ilmu Komunikasi.

Tentang Buku
Buku yang berjudul "Ilmu Komunikasi Sebuah Pengantar Praktis" ini berisi 7 bagian. Bagian 1 berisi tentang bagaimana mengetahui perkembangan Ilmu Komunikasi dari segi sejarah yang dimana cikal bakal Ilmu Komunikasi itu sendiri sebenarnya tampil pada zaman Yunani Kuno (SM) yang digagas oleh Aristoteles. Yang didalam gagasan tersebut ia menyebutkan bahwa di dalam komunikasi itu terdapat komunikator menentukan gagasan atau pesan, kemudian diarahkan kepada khalayak pilihannya, melalui saluran atau media yang dimilikinya atau dikuasainya maka akan keluar hasil yang diinginkan. Buku ini juga menjelaskan Ilmu Komunikasi di Indonesia yang mana aktivitas ilmiah dalam kajian komunikasi dapat dilihat melalui kegiatan yang diadakan oleh kampus atau lembaga pemerintah lainnya.
Bagian 2 berisi tentang Pengertian dan Fungsi Komunikasi yang dimana pengertian komunikasi itu sendiri adalah suatu usaha yang memiliki tujuan untuk kebersamaan atau kesamaan makna yang fungsinya itu sebagai komunikasi sosial, komunikasi ekspresif, komunikasi ritual, komunikasi instrumental. Di buku bagian kedua ini juga menjelaskan fungsi lainnya yaitu :
1. Untuk menambah wawasan dan pengetahuan.
2. Untuk mengungkapkan keadaan dan beban yang dirasakan agar kita mendapatkan keseimbangan hidup dan kelapangan hati.
3. Sebagai modal berinteraksi dengan lingkungan sekitar.
4. Untuk meminta pertolongan dan meminta bantuan kepada orang lain.
5. Untuk membujuk orang lain agar mengikuti apa yang diharapkan dan memberikan pengarahan atau mengarahkan orang lain kepada perilaku dan sikap yang harus diikuti.
Yang pada intinya komunikasi yang efektif dapat terjalin dengan baik apabila kedua belah pihak saling mengikuti kekurangan dan kelebihan orang lain serta mengerti kelemahan orang lain.
Bagian 3 berisi tentang Prinsip, Definisi dan Karakteristik Komunikasi yang dimana menjelaskan tentang bagaiamana prinsip-prinsip komunikasi seperti halnya fungsi dan definisi komunikasi mempunyai uraian yang beragam sesuai dengan konsep yang dikembangkan oleh masing-masing pakar.
Bagian 4 berisi tentang Komunikasi Verbal dan Non Verbal. Simbol atau pesan ini merupakan semua jenis simbol yang menggunakan satu kata atau lebih. Bahasa dapat juga dianggap sebagai sistem kode verbal (Deddy Mulyana, 2005). Menurut buku ini bahasa dapat didefinisikan sebagai simbol dengan aturan untuk mengkombinasikan simbol-simbol tersebut, yang digunakan dan dipahami suatu komunitas.
Komunikasi non verbal yang dijelaskan dibuku ini pada halaman 49 adalah komunikasi yang menjelaskan pesan-pesan non verbal yang biasanya digunakan untuk melukiskan semua peristiwakomunikasi diluar kata-kata terucap dan tertulis. Secara teoritis komunikasi nonverbal dan komunikasi verbal dapat dipisahkan. Namun dalam kenyataannya, kedua jenis komunikasi ini saling jalin menjalin, saling melengkapi dalm komunikasi yang kita lakukan sehari-hari.
Bagian 5 dari buku ini berisi tentang Bentuk-bentuk Komunikasi, yang dimana bentuk komunikasi khusu dari komunikasi antarpribadi, komunikasi kelompok, komunikasi organisasi, komunikasi massa, komunikasi pembelajaran, dan komunikasi antarbudaya.
Bagian 6 berisi tentang Berbicara untuk Komunikasi dan Interaksi yang menjelaskan tentang komunikasi sebagai proses sosial, komunikasi sebagai sumber budaya, komunikasi sebagai proses politik, komunikasi satu arah, komunikasi dan interaksi dalam keluarga, komunikasi dan interaksi sosial, serta interaksi dan komunikasi yang efektif.
Bagian 7 atau bagian yang terakhir mengulas tentang Bahasa Sebagai Alat Komunikasi yang dimana terdapat pengertian dari hakikat perkembangan bahasa, perkembangan komunikasi awal, perkembangan bahasa anak, perkembangan komunikasi tertulis awal, serta perkembangan membaca dan menulis yang pada intinya mengulas tentang perkembangan anak dari Sekolah Dasar yang kemampuan berbahasa mereka sangat beragam yang disebabkan oleh lingkungan sosial ekonomi keluarga.
Kelebihan 
Kelebihan buku ini adalah kata yang digunakan sederhana dan jelas sehingga ketika membacanya mudah dipahami, buku ini sangat bermanfaat bagi mahasiswa dan dosen Ilmu Komunikasi. Dilihat dari cover buku yang bagus dan design yang sederhana tapi kelihatan menarik untuk dibaca.
Kekurangan
Sejauh ini saya membaca buku ini ada kekurangan yang tidak terlalu banyak tetapi cukup membingungkan untuk kita mencari bagian 3 dikarenakan pada daftar isi bagian 3 dari buku ini ada salah ketik atau lupa diberi keterangan.


Nenden Siti Aminah Jalilah
KPI 3C

Bagikan

Posting Komentar

 
Since © 2015 DAKWAHPOS - Media Dakwah Islam Aktual.
made with by incsomnia