x
BREAKING NEWS

Kamis, 27 Desember 2018

Resensi Buku_ Buku Pembelajaran Perspektif Islam

Oleh : Wulan Novita Sari

 Identitas Buku
Judul Buku      : Pembelajaran Perspektif Islam
Pengarang     : Jamaluddi, M,Pd, Acep Komarudin,M.Ag, Koko Khoerudin,M.Pd.I
Peneribit     : PT Remaja Rosda Karya, Bandung
Cetakan      : Cetakan Pertama, April 2015
ISBN          : 978-979-692-609-1

Pembelajaran merupakan suatu yang terpenting dalam kehidupan. Sesutau yang menjadi kebutuhan mendasar dalam kehidupan terkhusus bagi manusia. Pembelajaran bisa dikatakan sebuah arti ataupun proses yang dilakukan oleh seseorang pembimbing (Guru) untuk memberikan pengetahuan kepada komunikannya (Muridnya) untuk memberikan pengetahuan, keterampilan, bahkan bagaimana mempelajari pertahanan hidup di modernnya dunia sekarang.

Dalam buku ini membahas tentang apa itu makna dari belajar. Belajar adalah suatu proses yang menyebabkan terjadinya perubahan tingkah laku pada diri seseorang yang merupakan hasil interaksi, bimbingan dan pengalaman dengan melibatkan aspek kognitif, afektif dan psikomotor.

Mengapa manusia belajar ? Manusia belajar disebabkan karena kebutuhan hidupnya dalam rangka mengubah dirinya dari makhluk yang lemah menajadi pribadi yang social, etis atas ridho Allah SWT. Sedangkan pembelajaran adalah penciptaan system lingkungan yang memungkinkan terjadinya belajar. Jikalau ada belajar pasti ada pembelajaran. Bisa dikatakan proses belajar dan pembelajaran merupakan suatu perkembangan yang dinamis dari kegiatan belajar sebagai suatu perubahan yang terjadi dari suatu perubahan.

Dalam proses pembelajaran pasti ada system. Sistem adalah suatu jaringan kerja dari prosedur-prosedur yang saling berhubungan. Sistem juga ditunjang dengan adanya strategi. Umumnya strategi adalah seni untuk merencanakan dan menyelenggrakan suatu pembelajaran. Strategi bisa teroptimalkan apabila didukung dengan keaktifan dari strategi pembelajaran seperti struktur pembelajaran, motivasi siwa, ekspektasi guru, pertanyaan-pertanyaan terhadap kelas, memaksimalkan waktu dan pembelajaran konstruktif.

Selanjutnya terdapat langkah-langkah penyajian sistematis dalam bentuk serangkain urutan tindakan procedural yang berkesinambungan. Nah, dalam pola kegiatan pembelajaran berkenaan dengan kemungkinan variasi pola dalam arti macam dan urutan umum perbuatan pembelajaran, sedangkan desain pembelajaran menunjuk tentang cara-cara merencanakan suatu lingkungan belajar tertentu.

Tak hanya itu hal in juga diperkuat dengan pendekatan dalam proses pembelajaran, yang mana keterampilan proses dapat diperoleh dari latihan kemampuan mental, fisik dan social yang mendasar. Pendekatan akan berjalan lurus jika diimbangi dengan metode.  Bisa diketahui bahwa metode merupakan sebuah alat yang efektif. Dan bab yang terpenting yaitu sumber belajar .Sumber belajar bisa dari mana saja. Ini merupakan komponen dalam pembelajaran yang dapat menentukan keberhasilan kegiatan belajar seseorang.

Nah, Kelebihan dari buku "Pembelajaran Perspektif Islam" ini yaitu dalam setiab bab yang tercantum terdapat rangkuman, referensi serta latihan, Materi yang disampaikan juga sangat teoritis, cover luar juga sangat menarik, kesesuaian dengan tema yang dibahas

Namun, ada juga kekurangannya yaitu halam cover dalamnya hitam putih, cover per bab juga hitam putih tidak berwarna, selanjutnya dalam penggunaan kertasnya hitam putih yang mambuat monoton pembacanya.
 
Nama : Wulan Novita Sari
Kelas : KPI 3 D
NIM : 1174020178

Bagikan

Posting Komentar

 
Since © 2015 DAKWAHPOS - Media Dakwah Islam Aktual.
made with by incsomnia