x
BREAKING NEWS

Kamis, 27 Desember 2018

Resensi buku berjudul "Psikologi Perkembangan Anak Usia Dini (Raudhatul Athfal)"

oleh : Siti Patma Deli

Judul : Psikologi Perkembangan Anak Usia Dini (Raudhatul Athfal)

Penulis : Drs. Idad Suhada,M.Pd

Penerbit : Rosda

Cetakan : 1,2016

Tebal : 156 hlm

Isi : HVS 70 gr

ISBN : 978-979-692-731-9

Psikologi sebagai sebuah disiplin ilmu sangat dibutuhkan oleh dunia pendidikan. Psikologi pendidikan dapat diartikan sebagai penunjang untuk perkembangan potensi manusia melalui belajar dan pembelajaran. Sesuai dengan salah satu tujuan pembelajaran yaitu untuk mengoptimalkan perkembangan anak secara menyeluruh.

Proses pendidikan dan pembelajaran melibatkan banyak pihak dalam pelaksanaannya yaitu dari anak-anak, guru, dab orang tua.

Perkembangan seorang anak diawali dengan pergaulan dalam kahidupan remaja yang kemudian berlanjut ke sekolah. Yang dimana sekolah sebagai tempat pembelajaran anak yang sangat besar pengaruhnya terhadap perkembangan mentalitas anak.

Perkembangan digambarkan sebagai suatu proses yang kekal dan tetap menuju ke arah suatu organisasi pada tingkat integritas(mutu) yang lebih tinggi.

Manusia dalam perkembangannya ditentukan oleh lingkungan dan pembawaannya. Yang meliputi cara-cara mempengaruhi tingkah laku individu, pertumbuhan, perkembangan atau life 

Dalam perkembangan anak ada yang dinamakan periode sensitif ataupun masa peka. Dalam usia 3-6 tahun. Pada usia ini mencakup sensitif terhadap kelanturan lingkungan,mengeksplorasi lingkungan dalam lidah dan tangan. Sensitif terhadap objek-objek kecil dan detail. Serta terhadapnaspek sosial kehidupan.

Dimana masa ini seorang anak harus perlu dirangsang dan diarahkan sehingga tidak terhambat perkembangannya.

Ketika seseorang ingin mengetahui seberapa jauh perkembangan seorang anak ada dua metode yang bisa dilakukan dalam perkembangan seorang anak. Yaitu pertama, metode umum meliputi metode kros-seksional, longitudinal, sekuensial,dan metode kros-budaya. Kedua, metode spesifik meliputi metode observasi,eksperimen,klinis,tes dan metode pengumpulan data.

Implikasi perkembangan dan pertumbuhan dalam proses pendidikan anak usia dini sebagai berikut:

1. Implikasi genetika dan lingkungan terhadap pendidikan anak usia dini
2. Implikasi perkembangan otak terhadap pendidikan anak usia dini
3. Karakteristik individu dan implikasinya terhadap pendidikan anak usia dini
4. Implikasi perkembangan kognitif terhadap pendidikan anak usia dini
5. Implikasi konsep diri peserta didik terhadap pendidikan anak usia dini
6. Perkembangan kemandirian peserta didik dan implikasinya dalam dunia pendidikan
7. Implikasi perkembangan moral dam spiritual terhadap pendidikan

Kelebihan buku:

Buku psikologi perkembangan anak usia dini (Raudhatul Athfal) sangat cocok dibaca oleh siapapun yang ingin memehami perkembangan seorang anak khususnya anak usia dini. Buku ini juga dilengkapi dengan tabel, contoh,dan skema yang memudahkan kita untuk memahami isi buku. dan dilihat dari segi bahasa,dalam penggunaan kata asing penulis menyelipkan maknanya yang mempermudah pembaca awam untuk memehaminya.

Kekurangan buku :

Dalam penggunaan tabel, gambar dan skema penulis masih menggunakan warna hitam putih ataupun tidak berwarna. Seharusnya, dalam penggunaan hal tersebut baiknya dicetak dengan berwarna agar menarik minat baca para pembaca.





Bagikan

Posting Komentar

 
Since © 2015 DAKWAHPOS - Media Dakwah Islam Aktual.
made with by incsomnia