x
BREAKING NEWS

Jumat, 21 Desember 2018

Portopolio Jurnalisme Dakwah Mira Novianda 1174020084

Nama : Mira Novianda

NIM         : 1174020084

Mata Kuliah : Jurnalisme Dakwah

Dosen : Dr. Uwes Fatoni, M. Ag

Kelas : KPI/3/B

Kelebihan dan Kekurangan

Sudah tidak terasa, semua tugas terselesaikan, kini saatnya UAS dilaksanakan. Kelebihan mata kuliah Jurnalisme Dakwah ini, dengan berbagai tugas yang diberikan, saya lebih bisa mengefektifkan waktu dan bisa menepati deadline semua tugas dengan baik.

Namun, kekurangannya terletak pada pemenuhan deadline yang selalu bentrok dengan mata kuliah lain sehingga membuat kita bingung akan menyelesaikan tugas yang mana dulu. Karena memang tugas itu satu, satu dari Jurnalisme Dakwah, satu dari Pengantar Ilmu Jurnalistik, satu dari Pemikiran Modern Dalam Islam dan lain sebagainya :D.

Kesan dan Pesan

Mata kuliah ini memberikan saya banyak pelajaran, terutama dalam kedisiplinan. Dari mata kuliah ini, saya dan teman-teman kelas dituntut harus memberitakan kejadian-kejadian yang ada disalah satu masjid. Kita di sini semua merasakan bagaimana cara meliput langsung, mewawancarai narasumber, sampai hasil dari liputan dijadikan sebuah teks berita dan diupload di dakwahpos.com. Deadline tiap minggunya yang harus ditepati menjadi sebuah tuntutan yang harus dilakukan. Tidak hanya untuk mengejar sebuah nilai, tapi bagaimana kita merasakan sendiri menjadi reporter itu seperti apa. Dan dari sinilah saya belajar bagaimana memanfaatkan waktu dengan sebaik mungkin. Selain itu, kita juga diminta untuk membuat videogram dakwah dengan durasi 1 menit. Merekam isi dakwah Ustadz, mengedit audionya, mengedit video sampai layak ditayangkan juga merupakan tantangan besar untuk melawan rasa enggan dan malas dalam mengerjakan suatu tugas. Tidak hanya suara Ustadz yg direkam, namun suara kita pun direkam dan dijadikan videogram dakwah. Opini juga menjadi tugas lain setelah membuat berita tentang masjid. Opini yang tiap minggunya dikirim ke media, alhamdulillah aku juga pernah dimuat di Media Indonesia dengan judul opini "Berbicaralah Sesuai Data dan Fakta". Dan dalam hati, aku bilang "oh gini ya rasanya tulisan kita dimuat," senang sekali.

Karya- Karya yang Dibuat

Berita dengan judul Mereka Ikuti DTA di Masjid Jami at-Taqwim

Berita dengan judul 

Berita dengan judul 

Berita dengan judul 

Berita dengan judul 

Feature tokoh dengan judul Mengajar Itu Tidak Mudah

Video dakwah dengan judul Ustadz Budi : Tiga Golongan Manusia Tidak Akan Dilihat Oleh Dzat Allah

Video dakwah dengan judul Mira Novianda : Manfaat Sabar

Opini dengan judul Korupsi Jadi Bumerang Bagi Politikus

Opini dengan judul Berpendapatlah Disertai Data dan Fakta dimuat di Media Indonesia pada hari Kamis, 29 November 2018

Essay dengan judul Moderasi Islam Membuat Banyak Perubahan

Resensi buku dengan judul Menikah Untuk Sedunia Sesurga. Meresensi buku karya Ahmad Rifai Rifan dengan judul buku Untukmu, Calon Bidadariku;Dariku, Calon Imammu penerbit Mizan

Rencana Kedepannya

Dengan adanya mata kuliah Jurnalisme Dakwah ini, kedepannya, jika ada waktu senggang untuk menulis atau mengabarkan suatu berita, maka akan saya sebarkan. Atau kedepannya saya akan membuat video-video kegiatan sehari-hari dan menginspirasi :).

Alamat Blog

Bagikan

Posting Komentar

 
Since © 2015 DAKWAHPOS - Media Dakwah Islam Aktual.
made with by incsomnia