x
BREAKING NEWS

Sabtu, 29 Desember 2018

Penjelasan Hadits-Hadits Dakwah


Judul : Kompilasi Hadis Dakwah
Penulis : Drs. H. Chatib Saefullah, M.Ag.
Penerbit : Simbiosa Rekatama Media
Cetakan : 1
Tahun Terbit :  2018
Tebal : 192 halaman
ISBN : 978-602-7973-63-3
Harga : Rp 50.000,00

Buku ini menghimpun hadis-hadis yang berkaitan dengan tema dakwah, dan upaya menerjemahkan dakwah dalam persepktif hadis, juga menjawab kelangkaan referensi hadis dakwah. Kitab-kitab hadits yang menjadi sumber cenderung berisi hadis tentang fiqih. Karena itu, buku ini disusun dengan cara mengumpulkan berbagai literatur mengenai sejarah Nabi SAW.disertai penjelasan ilmiah yang berkaitan dengan tema pokok kandungan suatu hadis. Buku ini tidak semuanya berisi tentang hadis dakwah, hanya satu bab saja yang bersisi hadits tentang dakwah, selanjutnya kebanyakan tentang fiqih dan akhlaq.
Dibagian pertama, buku ini menjelaskan Hadis tentang Dakwah, mulai dari dasar dakwah, pengertian dakwah, tujuan dakwah, pesan dakwah, tokoh dakwah, pendekatan dakwah, metode dakwah, media dakwah, media dakwah, masyarakat dakwah, lembaga dakwah, bidang dakwah, dan ancaman bagi yang meninggalkan dakwah. Dibab kedua penulis tidak lagi membahas hadis tentang dakwah, tapi membahas Hadis tentang Din Al-Islam. Din Al-Islam ialah Agama islam yang berisi tentang dasar-dasar keislaman, yang meliputi pemahaman tentang iman, pemahaman tentang islam, pemahaman tentang ihsan, dan pemahaman tentang sa'ah. Dibagian ketiga membahas Hadis tentang Ikhlas, mulai dari pengertian, dan pengaplikasian tentang iklas. Dibagian keempat membahas Hadis tentang Akhlak, yang meliputi dua aspek utama dalam pembahasannya, yaitu akhlak terpuji dan akhlak tercela. Dibagian kelima penulis menjelaskan Hadis tentang Dosa besar mulai dari pengertian, dan hal-hal apa saja yang bisa menyebabkan dosa besar. Dibagian keenam membahas Hadis tentang Etos, etos ialah sikap, kepribadian, dengan keyakinan terhadap sesuatu. Pembahasannya meliputi ethos dalam bekerja, ethos keilmuan, etos kepedulian sosial, tentang kepemimpinan, seni, dan pembinaan keluarga. Dibagian ketujuh penulis membahas hadis tentang kesehatan, mulai dari kesehatan jasmani dan rohani, juga kesehatan sosial. Dibagian terakhir yaitu bagian kedelapan, penulis membahas hadis tentang larangan menggunakan narkoba dan barang-barang yang diharamkan oleh agama islam.
Penjelansannya sangat rinci dan mudah dipahami, sehingga para pembaca tidak akan mengulang kembali bacaan yang telah dibaca. Metode penyampaian dalam buku ini seperti sharing/ ngobrol, jadi didalamnya tidak ada poin-poin khusus, tapi semuanya berisi tentang penjelasan dari argumen penulis.  Buku ini sangat penting bagi mahasiswa Fakultas Dakwah, pelaku dakwah, dan masyarakat umum yang berminat mendalami hadis. Meskipun tidak semuanya mencakup tentang dakwah tapi buku ini menjelaskan tentang berbagai aspek atau materi buat kita berdakwah. Sehingga calon mubaligh mengetahui apa itu dakwah dan apa saja yang menjadi bahan materi untuk berdakwah melalui buku ini.

Penulis:
Ranti Daryanti
Mahasiswa KPI UIN Sunan Gunung Djati Bandung

Bagikan

Posting Komentar

 
Since © 2015 DAKWAHPOS - Media Dakwah Islam Aktual.
made with by incsomnia