x
BREAKING NEWS

Selasa, 25 Desember 2018

Pedulilah Terhadap Sampah

Sampah dapat kita jumpai dimana saja dan kapan saja. Karena sejatinya sampah merupakan gejala yang berdampingan dengan kehidupan masyarakat. Ditambah lagi kehidupan manusia kini lebih kompleks dan modern, maka sampah yang muncul akan semakin kompleks, jumlahnya banyak, dan berbagai macam jenisnya. Sampah merupakan keegoisan seorang manusia ketika membuangnya. Sampah juga merupakan permasalahan di setiap negara, bahkan di berbagai negara sampah merupakan sebuah bencana yang susah untuk diatasi. Negara Bangladesh merupakan negara terkotor karena mempunyai masalah dengan sampah yang menumpuk dan susah untuk diatasi. 

Indonesia juga turut menjadi soroton karena sampah yang menumpuk terutama di ibu kota. Jakarta dengan segala aktivitas dan kebutuhan menyebabkan banyaknya sampah yang tercipta. Hal seperti ini harusnya dicegah dan jangan sampai terjadi penumpukan dan berujung bencana nantinya. Perlu disadari bahwa lingkungan kita sudah tercemar sampah yang tercecer di jalanan, di sekolah, di pasar, di gedung dll. Kalau sudah seperti ini perlu kesadaran individu karena setiap individu mempunyai ego dan rasa tidak peduli terhadap lingkungannya. Banyak sekali individu yang tak paham atas perbuatannya membuang sampah sembarangan padahal pemerintyah sudah menyediakan tempat pembuangan sampah di jalan raya bahkan disetiap sudut kota. Namun yang menjadi permasalahan adalah tidak pedulinya masyarakat akan lingkungan sekitarnya yang tercemar oleh sampah. Padahal kalau kita tidak peduli akan sampah maka kita sendiri yang akan mengalami resiko dari bencana banjir akibat sampah.

Upaya pemerintah dalam mengatasi permasalahan sampah sudah dilakukan namun tetap saja menjadi hal yang percuma apabila masyarakatnya sendiri tidak peduli terhadap sampah. Sebenarnya terdapat berbagai macam upaya untuk mengatasi permasalahan sampah yang sudah menjadi masalah besar dalam kehidupan sehari-hari dengan cara memilah sampah saat membuangnya. Pemerintah sudah menyediakan tempat sampah organik dan anorganik selanjutnya kitalah yang harus peka terhadap sampah yang akan kita buang. Pembagian kedua jenis sampah itu memeudahkan petugas sampah untuk memilah sampah yang mudah didaur ulang dan sampah yang perlu tahap lebih untuk diuraikan. 

Tidak cukup sampai disitu, masih banyak yang harus kita lakukan untuk mencegah meledaknya sampah dengan cara membawa kantung belanja saat belanja dan membawa tempat makan sendiri. Hal ini dapat mengurangi frekuensi jumlah sampah yang kita produksi lalu upayakanlah memakan makananmu hingga habis, selain mubazir makanan sisa yang kita buang kaan menjadi sampah yang menjijikan nantinya. Kelolalah siklus sampah dirumahmu dengan cara membakar sampah hingga benar-benar menjadi abu. Hal ini membantu kinerja tanah untuk proses pelapukan alami. Bijaklah dalam membuang sampah maka kita akan memperoleh manfaatnya.

Oleh : Randy Aldiyatama D, KPI/3C

Bagikan

Posting Komentar

 
Since © 2015 DAKWAHPOS - Media Dakwah Islam Aktual.
made with by incsomnia