x
BREAKING NEWS

Kamis, 20 Desember 2018

Padatnya kegiatan di masjid darus sholihin

Dakwahpos.com, Bandung – Masjid Darus Sholihin, Kamis (01/11/2018). Kegiatan yang terdapat di masjid ini sudah tidak usah dipertanyakan lagi. Setiap hari ada kegiatan di masjid ini, seperti mengaji. Bahkan kegiatan ini tersedia bagi semua kalangan, mulai dari anak-anak hingga orang dewasa baik itu laki-laki maupun perempuan.

KH. Misbahul Munir selaku ketua DKM masjid ini yang sudah menjabat menjadi ketua DKM selama 25 tahun, yakni dari tahun 1993. Usia dari masjid ini pun berselisih 3 tahun dari kemerdekaan Indonesia, yaitu pada tahun 1948 masjid ini dibangun. "Masjid ini telah beberapa kali mengalami rehab" ujar beliau, memang wajar karena usia dari masjid ini telah menginjak 70tahun.

Masjid ini dipenuhi oleh kegiatan-kegiatan, "mulai dari kegiatan setiap hari, perminggu, dan  dalam memperingati hari-hari besar Islam. Kegiatan perhari untuk anak-anak mulai dari SD hingga SMP. Perminggunya ada kegiatan khusus untuk orang tua, hari rabu untuk ibu-ibu, malam jum'at untuk ibu-ibu dan bapak-bapak, malam kamis dan malam minggu untuk bapak-bapak." Ujar KH. Misbahul Munir.

Jenis pengajian untuk anak-anak diutamakan hafalan al-Quran dan fiqh, lalu untuk pemuda dan orang tua pembacaan kitab kuning, untuk ibu-ibu merupakan ceramah mengenai Tauhid, akhlak dan sebagainya. Tidak hanya bagi anak-anak SD hingga SMP, Namun juga bagi TK. Beliau berkata "Di masjid ini terdapat TK, satu kelas, dibawah yayasan darus sholihin yang sudah ada kurang lebih 7 tahun".

Ketika hari-hari besar Islam, Masjid yang terletak di kampung Pangaritan, Rt. 01/ Rw. 05, Kelurahan  Cipadung, Kecamatan Panyileukan, Bandung ini mengadakan acara untuk memperingati hal tersebut. Seperti Maulid Nabi, Rajab, Nuzulul Quran, dan sebagainya. Kegiatan ini berlangsung satu tahun sekali dan di isi oleh seluruh kalangan, mulai dari anak-anak hingga orang tua. Kegiatan ini tidak lebih bertujuan agar tali silaturahmi terus berjalan untuk seluruh masyarakat di sekitaran daerah tersebut.


Reporter : Muhammad Fachri, Mahasiswa KPI 3C UIN Bandung.

Bagikan

Posting Komentar

 
Since © 2015 DAKWAHPOS - Media Dakwah Islam Aktual.
made with by incsomnia