x
BREAKING NEWS

Kamis, 20 Desember 2018

opini

"Lu dan Gw"

Bahasa merupakan alat komunikasi antar sesama makhluk hidup di dunia ini. Setiap kebutuhan seseorang, mereka akan menggunakan bahasa yang menurut mereka akan di mengerti oleh sesamanya. Di dunia ini banyak sekali bahasa yang berbeda-beda di setiap negara. Tidak hanya negara, di berbagai daerah-daerah pun mereka memiliki bahasa yang berbeda-beda. Seperti di negara tercinta kita Indonesia yang memiliki 742 bahasa di berbagai daerahnya . seperti di jawa yangmemiliki tidak lebih dari 20 bahasa. Walaupun bahasa di setiap daerahnya berbeda-beda, tetapi mereka akan tetap menggunakan bahsa Indonesia untuk berkomunikasi dengan orang yang berbeda daerah.

Di zaman yang sudah modern ini perkembangan pun makin pesat dalam tekhnologi maupun pemikiran. Dan bahasa pun menjadi salah satu dari perkembangan itu. Terutama di Indonesia banyak sekali masyarakat yang kurang menggunakan bahasa Indonesia  yang baik dan benar.  Maraknya penggunaan bahasa yang melenceng dari kaidah-kaidah bahasa Indonesia yang pada hakikatnya baku. Sudah sangat jarang sekali digunakan oleh masyarakat Indonesia pada umumnya.

Diantaranya banyak sekali remaja-remaja di zaman yang milenial ini jarang sekali ataupun tidak pernah menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar (baku). Pada sebagian remaja-remaja pun banyak menciptakan bahasa yang tidak baku dan memiliki sifat berkala atau musiman (bahasa slang). Seperti, "lu dan gw" itu menjadi bahasa yang sangat sering di gunakan oleh kalangan remaja masa kini dan bahkan  menjadi bahasa keseharian mereka dalam berkomunikasi bersama tamannya. Merekanpun  kurang menguasai bahasa Indonesia itu sendiri yang menjadi bukti kecintaan terhadap tanah air.

Banyaknya  pengaruh bahasa asing yang bermunculan di setiap aspek, seperti penamaan setiap bangunan, merek dagang, dan sebagainya yang lebih sering menggunakan bahasa asing.  Dari situ juga bisa menjadi pengaruh dari kurangnya kesadaran untuk menggunakan bahasa sendiri.

Kurangnya tingkat kesadaran masyarakat dalam menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar merupakan salah satu faktor utama kesalahan dalam berbahasa. Dalam masalah ini, kita harus tingkatkan kesadaran dalam menggunakan bahasa Indonesia yang tidak melenceng dari kaidah-kaidahnya.


Fakhrul Khoirullah 

KPI 3A

UIN Sunan Gunung Djati

Bagikan

Posting Komentar

 
Since © 2015 DAKWAHPOS - Media Dakwah Islam Aktual.
made with by incsomnia