x
BREAKING NEWS

Kamis, 20 Desember 2018

Opini "Bijaklah dalam Berkata dan Berbicara"

Bijaklah dalam Berbicara dan Berkata

Berbicara merupakan salah satu kebutuhan manusia untuk memenuhi syarat komunikasi. Tanpa bebicara, kita tidak akan tahu adanya keselarasan diantara individu atau kelompok. Maka dari itu, berbicara adalah hal yang sangat penting dalam diri manusia.

Tetapi, dalam semua hal pasti ada dampak positif dan negatifnya. Begitu juga dengan berbicara, ada saja hal negatif yang menimbulkan permasalahan.

Dan setiap permasalahan, kita harus mencari jalan keluarnya. Untuk mencapai kesepakatan, setidaknya kita harus ada musyawarah agar tidak timbulnya kesalah pahaman. Jika sudah timbul kesalah pahaman, maka akan timbul perbedaan.

Zaman sekarang, kebebasan berbicara sangat dielu-elukan. Hingga akhirnya setiap orang bisa berkomentar. Apalagi sekarang sudah ada sosial media sebagai penyalur komentar seseorang. Hal ini menjadikan berbicara jadi hal yang mengerikan. Karena saking bebasnya, hal-hal baik pun bisa saja dikomentari dengan buruk.

Dan pada saat ini, sudah ada undang-undang yang mengatur mengenai hal tersebut, yakni yang berkomentar tidak patut untuk dibaca di sosial media akan mendapatkan hukuman. Maka dari itu, berbicara boleh, tetapi harus berhati-hati. Karena jari jemari kita pada zaman ini lebih jahat dari pada tajamnya lidah yang tidak bertulang.

Amal, Mahasiswi UIN Sunan Gunung Djati Bandung

Bagikan

Posting Komentar

 
Since © 2015 DAKWAHPOS - Media Dakwah Islam Aktual.
made with by incsomnia