x
BREAKING NEWS

Rabu, 26 Desember 2018

Neng Yuni Kartika KPI 3C

Nama   : Neng Yuni Kartika

Nim     : 1174020118

 

Identitas Buku

Judul               : Teori Komunikasi

Penulis             : Drs. Daryanto & Dr. Muljo Rahardjo, ST. M.Pd

Penerbit           : Gava Media

Tahun Terbit    : 2016

Tebal Buku      : 354 Halaman

ISBN   : 978 602 7869 98 1   

Sinopsis Buku :

Ilmu komunikasi adalah salah satu cabang ilmu pengetahuan sosial yang bersifat multidisiplin. Secara umum tujuan dari bahasan buku ini adalah untuk memberikan pemahaman mengenai pengertian dasar, karakteristik, kerangka konseptual, serta pendekatan dan perspektif yang ada dalam ilmu komunikasi.

Komunikasi adalah bagian penting dari mempengaruhi orang lain untuk memperoleh apa yang kita inginkan. Dari semua pengetahuan dan keterampilan yang anda miliki, pengetahuan dan keterampilan komunikasi termasuk diantara yang paling penting dan berguna. Kemampuan berkomunikasi menunjukan kemampuan mengirimkan pesan dengan jelas, manusiawi, efisien, dan menerima pesan-pesan secara akurat.

Kalau kita ingin tim kita meraih sukses, orang-orang didalam tim harus mampu berbicara satu sama lain dan juga mampu mendengarkan. Inilah kunci keberhasilan sebuah komunikasi.

Komunikasi adalah proses penyampaian pesan dari komunikator kepada komunikan melalui media tertentu untuk menghasilkan efek/tujuan dengan mengharapkan feedback.

 

 

 

Buku ini berisi 7 Bab yakni tentang:

BAB I (Pendekatan, Kerangka analisis, dan Prespektif Teori Komunikasi)

Menjelaskan tentang apa itu Ilmu Berkomunikasi, pendekatan dalam keilmuan, pengetahuan tentang ilmu dan Teori dalam komunikasi, Komponen konseptual dan jenis-jenis Prespektif dalam ilmu komunikasi.

Dalam bab ini dijelaskan bahwa komunikasi dibagi menjadi beberapa aliran, disebutkan juga beberapa pengertian secara umum tentang istilah teori dalam ilmu sosial.

BAB II (Dimensi Pribadi dan Relasional)

Pada bab ini dijelaskan bahwa Secara umum komunikasi antar pribadi dapat diartikan sebagai suatu proses pertukaran makna antara orang-orang yang saling berkomunikasi. Pengertian proses mengacu pada perubahan dan tindakan.

BAB III (Teori Komunikasi Kelompok)

Bab ini membahas bahwa Komunikasi dalam kelompok merupakan bagian dari kegiatan keseharian. Kelompok merupakan bagian yang tidak terpisahkan dengan kehidupan kita, karena melalui kelompok memungkinkan kita dapat informasi, pengalaman dan pengetahuan kita dengan anggota kelompok lainnya.

BAB IV (Teori Komunikasi Massa Media Efek dan Audience)

Pentingnya komunikasi massa dalam kehidupan manusia modern dewasa ini, terutama dengan kemampuannya untuk menciptakan public, menentukan isu memberikan kesamaan kerangka piker, dan menyusun perhatian public, pada gilirannya telah mengundang berbagai sumbangan teoretis terhadap kajian tentang komunikasi massa.

BAB V (Teori Komunikasi Verbal dan Non-Verbal)

Secara sederhana, Komunikasi verbal adalah komunikasi dengan cara berkata-kata sedangkan komunikasi nonverbal dapat didefinisikan sebagai komunikasi tanpa kata-kata. Tipe-tipe komunikasi verbal yaitu Bahasa lisan. Komunikasi non verbal meliputi bahasa isyarat, gerakan, desah, penampilan, jeritan, kualistas vocal, ekspresi wajah.

BAB VI (Komunikasi Antar Budaya)

Pada dasarnya KAB merupakan komunikasi yang terjadi diantara orang-orang atau kelompok orang yang berbeda latar belakang kebudayaan. Ada 3 faktor yang mendorong perkembangan studi komunikasi antar budaya. Ketiga factor tersebut adalah kesadaran internasional, kesadaran domestic, dan kesadaran pribadi.

BAB VII (Komunikasi dan Konstruksi Sosial Realita)

Dalam masyarakat modern, seseorang adalah bagian dari banyak system, yang masing-masing memiliki makna dan aturan-aturan tindakan tersendiri. Aturan dipelajari melalui interaksi dalam kelompok sosial. Orang berkomunikasi untuk mengartikan kejadian yang ditangkap oleh inderanya dan membagiakan pengertian tersebut kepada orang lain. Teori interaksional menganggap bahwa realitas disusun secara sosial, yaitu merupakan produk dari komunikasi.

Kelebihan

Isi dalam buku ini lengkap dan mudah dipahami, semua dijelaskan secara detail . Dapat juga dijadikan panduan dalam belajar berkomunikasi sehingga hasilnya menjadi mahir dalam berkomunikasi.

Kekurangan

Beberapa Bahasa yang digunakan sulit untuk dimengerti, beberapa materi dalam beberapa bab kurang menyatu dengan tema besar yang diambil.

Bagikan

Posting Komentar

 
Since © 2015 DAKWAHPOS - Media Dakwah Islam Aktual.
made with by incsomnia