x
BREAKING NEWS

Jumat, 21 Desember 2018

Metode Pembelajaran yang Tepat Solusi Moralitas Pelajar

Moralitas merupakan elemen yang sangat penting bagi kehidupan terutama bagi suatu bangsa, karena moralitas mencerminkan apakah bangsa itu damai atau sebaliknya. Moralitas suatu bangsa ini bisa dilihat dari kalangan pelajar, karena pelajar  adalah generasi penerus yang akan membawa kemajuan bagi suatu bangsa.

Persoalan moraliatas pelajar di Indonesia saat ini, tentu menjadi kekhawatiran bagi seluruh elemen masyarakat terutama pemerintah, perlu adanya solusi yang bisa menjawab persolan ini. Di era generasi millennial saat ini menjadi tantangan yang sangat besar bagi seorang guru untuk mengajarkan moral pada muridnya, karena generasi millennial ini tak bisa terlepas dari penggunaan teknologi yang serba instan bahkan sudah menjadi kebutuhan bagi mereka dan tidak mampu mengendalikannya yang kemudian terjadilah krisis moral pada pelajar.

Kini akan di terapkan kempali pelajaran PMP (Pelajaran Moral Pancasila) oleh kemendikbud yang dilatarbelakangi oleh adanya isu radikalisme untuk memperbaiki moral pelajar.  Namun, jika melihat generasi pelajar saat ini yang tidak bisa lepas dari teknologi, justru membuat mereka semakin bosan untuk belajar karena sudah terlalu banyak mata pelajaran yang harus mereka kuasai di bangku sekolah.

Kita ketahui bahwa pelajaran mengenai pelajaran moral kewarganegaraan ini sudah mengalami 7 kali perubahan, konteks dari seluruh perubahan itu pun sama, yang dimana didalamnya mengajarkan bagaimana moral yang sesuai dengan ideologi bangsa, yakni Pancasila. Mata pelajaran PPkn yang kini tengah diterapkan sudah lebih tepat untuk menjawab tantangan moral generasi saat ini, dimana didalamnya mengandung 4 pilar kebangsaan, termasuk nilai-nilai Pancasila ada di dalamnya.

Memilih motode pembelajaran yang dikemas secara  tepat untuk generasi saat ini adalah solusinya, dimana metode yang variatif, inovatif dan kreatif yang yang sesuai dengan kemajuan teknologi saat ini sekaligus mengarahkan pelajar untuk memanfaatkan kemajuan teknologi kea rah yang positif. Pada dasarnya mereka akan lebih menikmati proses pembelajaran yang sesuai dengan yang mereka sukai.

Tidak hanya itu, persoalan moral generasi saat ini tidak bisa lepas dari peran seorang guru yang menjadi teladan bagi para pelajar, karena generasi millennial saat ini bisa dikatakan kehilangan tokoh panutan yang baik dan benar. Perlunya peningkatan mutu guru juga yang diharapkan focus membimbing sekaligus  teladan bagi muridnya.  selain itu, peran kelompok kecil yaitu keluarga pun tidak bisa lepas dari persoalan moral pelajar saat ini, karena keluarga terutama orang tua adalah sosok yang selalu membersamainya. Dan yang terakhir adalah penyertaan peran agama dan hati pada setiap proses pembelajaran berlangsung, karena pada dasarnya  agama telah memberikan panduan bagaimana memiliki sikap moral dan karakter yang baik.

Ai Yulianti
Mahasiswi KPI UIN Sunan Gunung Djati Bandung

Bagikan

Posting Komentar

 
Since © 2015 DAKWAHPOS - Media Dakwah Islam Aktual.
made with by incsomnia