x
BREAKING NEWS

Kamis, 20 Desember 2018

(Mengirim ulang) Dasep Syarifhidayat : Istighfar Solusi Permasalahan Hidup

Dakwahpos.com, Bandung- Salat Jumat yang diadakan hari Jumat 5 Oktober 2018 di Masjid Al-Ijtihad yang berlokasi di JL. A.H. Nasution Lio Selatan RT. 04 RW. 01 Kelurahan Cipadung Wetan Kecamatan Panyileukan Kota Bandung. Dasep Syarifhidayat sebagai menceramah pada hari itu menjelaskan tentang istighfar solusi permasalah hidup.

Wahai manusia kamu sudah durhaka apa kepada Allah SWT untuk memandang permasalahan kita jangan memandang permasalahan itu justru efek karena kita telah lalai dari Allah SWT.

"Contohnya ketika kita melaksanakan salat dalam satu hari kita mendengarkan 5 kali adzan tapi berapa kali salat yang kita tunaikan langsung pada waktu itu mungkin itu penyebab permasalahan kita." Ujar Dasep Syarifhidayat, Jumat (5/10/2018)

Dalam penjelasan yang disampaikan, beliau mencontohkan juga tentang Syekh Hasan Albasri dalam kisahnya ada tiga orang pemuda yang ingin konsultasi tentang permasalahannya. Orang yang pertama, "wahai syekh permasalahannya saya mempunyai ladang yang cukup luas tapi tidak ada tanaman yang bisa saya tanam itu diakibatkan karena kekeringan hujan sudah lama tidak turun." lalu syekh pun menjawab "sekarang kamu pulang perbanyak istighfar." Orang yang kedua, " Wahai syekh dibidang ekonomi saya selalu mencoba berbagai macam bisnis dan selalu gagal." syekh pun menjawab "sekarang kamu pulang dan perbanyak istighfar." Yang terakhir permasalahan orang yang ketiga, "Wahai syekh saya sudah lama menikah tetapi belum mempunyai keturunan." lalu syekh pun menjawab "Sekarang kamu pulang dan perbanyak baca istghfar."

Hal ini disaksikan oleh santrinya lalu santrinya itu menanya kepada syekh "Wahai syekh mengapa tiga orang itu datang dengan permasalahan yang berbeda tetapi solusinya sama ?" lalu syekh pun menjawab " Jawabannya ada dalam firman Allah QS Nuh ayat 10-12, yang menjelaskan bahwa .Maka aku katakan kepada mereka :mohon ampun kepada tuhanmu sesungguhnya dia adalah maha pengampun (Nuh 71:10), niscaya Dia akan mengirimkan hujan kepadamu dengan lebat (Nuh 71:11), dan membanyakkan harta dan anak-anakmu, dan mengadakan untukmu kebun-kebun dan mengadakan (pula di dalamnya) untukmu sungai-sungai (Nuh 71:12).
Bahwa setiap permasalahan itu kemungkinan besar diakibatkan kesalahankarena diri kita sendiri kepada Allah SWT seperti yang dijeaskan dalam QS. Al-Infitar ayat 6 يَٰٓأَيُّهَا ٱلْإِنسَٰنُ مَا غَرَّكَ بِرَبِّكَ ٱلْكَرِيمِ
Artinya " Hai manusia, apakah yang telah memperdayakan kamu (berbuat durhaka) terhadap Tuhanmu Yang Maha Pemurah."

Reporter : Moza Zahara Ameilinda KPI/3B



Bagikan

Posting Komentar

 
Since © 2015 DAKWAHPOS - Media Dakwah Islam Aktual.
made with by incsomnia