x
BREAKING NEWS

Rabu, 19 Desember 2018

Memahami Akar Permasalahan Islamofobia


Judul : Islamofobia

Penulis : Karen Armstrong, John L. Esposito, Imam Abdul Malik Mujahid, Tarriq Ramadhan

Penerbit : Mizan

Tahun: Cetakan 1, Agustus 2018

Jumlah Halaman : 352 Halaman

ISBN : 9786024410551

Dengan adanya terorisme yang mengatasnamakan agama islam memunculkan dampak psikologis yang besar bagi umat beragama. Rasa malu,  ketakutan, kebencian dan juga dendam yang mengarah pada permusuhan antara umat islam dan dan orang-orang barat. Masyarakat barat takut terhadap islam karena aksi kekerasan dan terorisme yang terjadi  terus menerus dan meneror kalangan barat. Sedangkan islam sendiri merasa malu dengan aksi terorisme yang mengatasnamakan agama islam. 

Karen Armstrong dalam buku terbarunya bertajuk "Islamofobia" kembali membahas mengenai isu agama. Kali ini pembahasan menganai isu paling sentral dalam agama islam yang di bahas oleh Karen Armstrong, yaitu menganai isu islamofobia yang kian berkembang. 

Saat ini islamophobia telah meningkat, banyak orang yang menepuk rata kaum muslimin sebagai kaum yang keras, anti solidaritas dan anti toleransi. Serangan-serangan mengerikan yang dilakukan oleh teroris para ekstremis yang mengatasnamakan kefanatismean agama sebagai alasan perbuatan yang mereka lakukan, inilah penyebab penyamarataan kepribadian seluruh umat muslim yang ada. 

Padahal islam merupakan ajaran yang membawa kebaikan, rahmat, perdamaian, menjunjung tinggi nilai-nilai kemanusian.dan kebijakan dan kaum muslim biasa menyebutnya rahmatan lil alamin. Jauh berbeda dengan apa yang orang barat bayangkan dan pikirkan dalam pikiannya masing-masing yang menganggap islam itu keras dan dan tidak memiliki nilai-nilai kemanusiaan. 

Perasaan antipati kaum barat inilah yang pada akhirnya menjadika awal mula munculnya islamophobia di Kalanga  barat. Buku ini hadir untuk menjawab pertanyaan banyak kalangan mengenai apa sebenarnya definisi dari islamophobia?  Bagaimana akar pemasalahan islamophobia yang berkembang do dunia barat? Sikap apa yang harus dilakukan agar islamophobia ini  dapat di hilangkan? Bahkan buku ini pun membahas mengenai alasan-alasan kelompok ekstrem melakukan pembantaian dan juga kekerasan atas nama islam.

Buku ini diawali dengan pendalaan mengenai bagaimana kaum ekstremis bisa muncul dan berkembang. Hal apa yang menjadi motivasi kaum ekstremis untuk terus melakukan kekerasan. Dan bagaimana terorisme dapat dengan mudahnya mengabaikan nilai-nilai kemanusiaan tanpa memandang belas kasih terhadap korban-korban yang telah mereka terror.

Dijelaskan bahwa terorisme muncul karena kaum ekstremis hanya mendalami ayat-ayat dalam Al-Quran mengenai ayat peperangan.  Lebih tepatnya teroris seringkali hanya mengutip ayat-ayat perang sebagai pedomannya. Padahal Al-Quran juga menuliskan ayat-ayat mengenai perdamaian dan kasih sayang beserta perintahnya yang kuat. Pemahaman inilah yang pada akhirnya memicu kaum ekstremis untuk terus melakukan kekerasan dan mengembangkan keberadaan terorisme ini.

Dengan analisis yang kritis juga pendapat banyak pakar yang di satupadankan buku ini dapat menjadi refefensi yang tepat untuk memhami isu islamophobia ini. Dalam buku ini kita dapat menemukan pendapat dari pakar yang telah mumpuni di bidangnya mereka adalah, Karen Armstrong, John L Eposito, Imam Abdul Malik Mujahid, dan Tariq Ramadhan.

Dalam analisisnya John L Eposito memaparkan mengenai kasus diskriminasi yang dilakukan kaum barat terhadap kaum muslimin karena islamophobia ini. Banyak sekali perlakuan yang tidak baik diterima kaum muslim, kejahatan anti islam dan anti muslim semakin meningkat dari tahun ke tahun di barat. 

Islamofobia bukanlah fenomena yang sederhana dan setiap orang harus peka terhadap isu ini. Karena itulah buku ini juga memapakan mengenai pendapat dari Imam Abdul Malik Mujahid dan Tariq Ramadhan mengenai bagaimana cara kita melawan islamophobia. Bagaimana cara kita menghentikan kebencian, dan rasa takut orang barat terhadap kaum muslimin. 

Menariknya buku ini juga menambahkan renungan sebagai bentuk kontemplasi diri yang ditulis oleh Abdul Hakim Murad yang dapat menjadi kajian banyak orang. Artikel-artikel pendahuluan dalam buku ini yang hadir di awal buku memberikan gambaran umum  mengenai isi keseluruhan buku membuatnya menjadi bahan untuk menarik minat baca kita untuk terus melanjutkan kehalaman berikutnya.

Buku ini merupakan buku yang bagus karena ditulis dengan menggunakan banyak referensi dan sumber yang terpercaya dan juga survey yang tersruktur. Para pakar yang menjadi narasumber dalam buku inipun merupakan pakar yang mengerti isu islamophobia. Dengan analisis yang kritis namun dengan bentuk tulisan yang praktis buku ini memang merupakan bacaan penting yang perlu dibaca setiap orang . Membaca buku ini kita akan sadar, bahwa bukan waktunya berdiam diri ketika islamophobia terus berkembang.

Oleh : Ai Siti Rahayu/KPI 3A

Bagikan

Posting Komentar

 
Since © 2015 DAKWAHPOS - Media Dakwah Islam Aktual.
made with by incsomnia