x
BREAKING NEWS

Rabu, 19 Desember 2018

Masjid Ash-Sholawat, Bekali Ilmu dan Akhlak Melalui Mahfudzot untuk Anak (kirim ulang)

Dakwahpos.com, Bandung- Sejumlah anak dari kelurahan Cipadung dan kelurahan Pasirbiru mengikuti pengajian rutin di Masjid Jami' Ash-Sholawat yang beralamat di Jalan Manisi, Cipadung, Cibiru, Kota Bandung. Pengajian rutin sore hari diikuti oleh anak-anak usia Taman Kanak-kanak (TK) dan Sekolah Dasar (SD). Selain mengaji Iqra, kali ini anak-anak diberikan tambahan belajar Mahfudzot (Kata-kata mutiara dalam Bahasa Arab), pada Senin (8/10/2018).

Mahfudzot tersebut dibagikan yang dibuat dalam satu kertas, kemudian dibaca dan dihafal secara bersama-sama. Lalu Pengajar menerangkan atau menguraikan makna dari setiap Mahfudzot tersebut beserta dengan contoh nya dalam kehidupan sehari-hari. Setelah itu, anak-anak di tes satu per satu sampai benar-benar hafal arab dan artinya.

"Tujuan dari mempelajari dan menghafal Mahfudzot sebagai bekal ilmu dan akhlak untuk anak-anak. Di sekolah anak-anak sudah 50% mengerti materi dilanjut. Kalau di pengajian sedikit-sedikit dulu saja dihafal yang penting anak bisa dan sudah benar-benar mengerti, baru dilanjut ke Mahfudzot berikutnya," ujar Ustadz Asep, Pengajar sekaligus Pengurus Dewan Kemakmuran Masjid (DKM) Ash-Sholawat, Senin (8/10/2018).

Beberapa Mahfudzot yang diajarkan, diantaranya ; Man Jadda Wa Jadda Jada (Siapa yang bersungguh-sungguh akan berhasil), Man Shobaru Shobaro Zhofiro (Siapa yang bersabar akan beruntung), Khoiru Jalisin Fii Zamani Kitabun (Sebaik-baik teman duduk di setiap waktu adalah buku), Su-ul Khuluqi Yu'dii (Akhlak yg rusak atau jelek itu pasti akan menular). Dan Mahfudzot yang sudah dihafal tersebut akan dipentaskan ketika Muhadharah nanti.

Ustadz Asep berharap, setelah mempelajari Mahfudzot ini nantinya anak-anak bisa hafal, mengerti, kemudian mengamalkannya dari segi akhlak. Dan mereka juga tahu Mahfudzot itu merupakan kata-kata mutiara atau kata-kata yang baik yang bisa dijadikan slogan atau moto hidup.

Reporter : Fathiyatulhaq Shafna Salsabila, KPI/3B.

Bagikan

Posting Komentar

 
Since © 2015 DAKWAHPOS - Media Dakwah Islam Aktual.
made with by incsomnia