x
BREAKING NEWS

Jumat, 21 Desember 2018

Mari Bersama Ciptakan Kampanye Damai

Dengan adanya pemilu, tentu saja ada kampanye sebagai tindakan untuk mendapatkan dukungan dari masyarakat luas. Beberapa orang atau bahkan kelompok rela menggunakan berbagai cara untuk kampanye agar terwujudnya  tujuan utama dari kampanye tersebut.
Kampanye adalah sebuah ajang setiap calon pasangan Presiden untuk meyakinkan masyarakat dengan berbagai cara, mulai dari pemilihan kostum kampanye, lagu khas pasangan sampai mengumbar janji-janji mereka ketika kelak terpilih menjadi orang nomor satu di negeri ini.
Sebagai warga negara tentu saja kita mengharapkan kampanye yang damai dan tanpa isu-isu negatif yang tidak jelas asal-usulnya (hoaks). Kita berharap pasangan calon, tim kampanye dan pendukung serta kita semua dapat menjalankan aturan kampanye yang telah diberlakukan oleh KPU dan Undang-Undang.
Jika kita melihat tujuan untama dari kampanye, yaitu untuk mendapatkan dukungan dari masyarakat luas, berarti setiap pasangan calon dan tim kampanye cukup dengan memamparkan, menjelaskan serta menunjukan program kerja atau visi misi mereka tanpa harus menjatuhkan lawan sehingga tidak menciptakan keributan antar pendukung.
Begitu pula kita sebagai warga negara sekaligus sebagai konsumen dari media yang menyajikan perkembangan jalannya kampanye ini, kita tidak boleh menerima begitu saja isu-isu yang kurang jelas. Untuk menghindari berita hoaks sebaiknya kita cari tahu asal-usul berita tersebut yang justru akan menimbulkan berbagai kericuhan antar pendukung pasangan calon baik di dunia maya maupun dunia nyata.


Nenden Siti Aminah Jalilah
Mahasiswi KPI UIN SGD Bandung

Bagikan

Posting Komentar

 
Since © 2015 DAKWAHPOS - Media Dakwah Islam Aktual.
made with by incsomnia