x
BREAKING NEWS

Jumat, 21 Desember 2018

Lingkungan Nyaman Mencerminkan Diri yang Sehat

Banjir dan longsor adalah dua bencana yang sering kita dengar. Karena kedua bencana ini memang kerap kali terjadi dimana-mana dan mengganggu aktivitas kita. Banjir dan longsor bisa kita cari tahu apa penyebab nya, dengan pengamatan terhadap lingkungan yang terkena banjir dan longsor tersebut. Dengan kita mencari tahu penyebab utama terjadinya bencana alam tersebut, diharapkan kita bisa menyadari betapa pentingnya lingkungan bagi kelangsungan hidup kita.

Banjir dan longsor jika kita teliti banyak orang yang dapat menyebabkan bencana alam ini. Kedua bencana alam ini pasti ada penyebab awalnya kenapa bisa terjadi. Yaitu misalnya banjir, banjir bisa saja terjadi karena tempat di daerah tersebut memang dataran rendah, karena sifat air adalah mengalir dari tempat yang tinggi ke tempat yang rendah. Hal lain yang dapat memicu terjadinya banjir adalah peyumbatan saluran air karena sampah, atau sungai dipenuhi banyak sampah. Selain banjir, tanah longsor juga jika kita selediki penyebabnya adalah karena tanah di pegunungan banyak yang dijadikan jalan dan dikeruk sampai menjadi rata, dan pohon-pohon pun ikut tertebang. Hal ini bisa memicu terjadinya tanah longsor yang dapat merugikan banyak pihak.

Banyak diantara kita tidak mengerti betapa lingkungan sangat berharga bagi kelangsungan hidup kita. Contohnya saja dalam hal membuang sampah, kadang kita tidak peduli dengan sampah kecil. Padahal mulai dari sampah kecil kita membuang sampah pada tempatnya, itu bisa tertanam dalam diri kita bahwa sampah sekecil ini dapat merugikan orang lain. Tidak hanya membuang sampah, penebangan pohon secara liar pun menyebabkan terjadinya banjir, karena tidak adanya serapan untuk menahan debit air. Tidak hanya itu, pengerukan tebing untuk fasilitas umum bahkan untuk kepentingan pribadi pun dilakukan demi tercukupinya kebutuhan hidup dan tidak mengerti dampak yang akan terjadi selanjutnya.

Banyak sekali orang-orang yang protes bahkan demo terhadap pemerintah kenapa bisa terjadi banjir dan longsor di daerah mereka. Seharusnya kita berpikir, apa yang sudah dilakukan oleh kita terhadap lingkungan. Apakah kita sudah mencintai lingkungan, ataukah kita yang malah membuat lingkungan menjadi rusak. Karena lingkungan akan menjadi baik dan bahkan menimbulkan banyak manfaat ketika kita mencintai lingkungan.

Oleh karena itu, lingkungan yang bersih adalah lingkungan yang sehat. Dan, lingkungan yang sehat mencerminkan orang yang sehat pula. Karena dilihat dari lingkungan yang bersih dan nyaman berarti bisa terlihat bahwa orang yang berada di lingkungan tersebut memang mencintai lingkungan. Dan jika kita bertempat tinggal di daerah pegunungan yang rawan longsor, sebaiknya tetap waspada karena bencana bisa saja terjadi dimana mana. Dengan mengurangi tanah longsor terjadi, kita bisa menguranginya dengan cara menanam pohon di dataran tinggi, karena akar pohon bisa menahan air dan tanah di tebing menjadi kuat.


Astri Lestari, Mahasiswa jurusan Komunikasi dan Penyiaran Islam UIN SGD Bandung, Jl. H. Anwar No. 61 Cibuntu Kota Bandung, 083829831849, astrilestari035@gmail.com

Bagikan

Posting Komentar

 
Since © 2015 DAKWAHPOS - Media Dakwah Islam Aktual.
made with by incsomnia