x
BREAKING NEWS

Rabu, 26 Desember 2018

Konsep 3 M Mulai dari diri sendiri – Mulai dari hal kecil – Mulai dari Sekarang


Masalah utama wilayah ibu kota selain pada macet yaitu banjir dan bajir dikarenakan banyaknya sampah yang menumpuk serta pada umum dibuang ke sungai. Penanggulangan sampah sudah dipikirkan baik oleh pemerintah maupun lembaga / organisasi pecinta lingkungan. Tapi bagai air laut yang tak ada ujungnya, sampah masih saja menggunung.

 

Jelas ini masalah serius, maka bukan pemerintah atau lembaga terkait saja yang musti memikirkan hal ini, melainkan warga masayarakat pun perlu ikut andil. Karena pada dasarnya banyaknya volume sampah dihasilkan oleh minat konsumsi masyarakat yang tinggi. Sehingga saya ingin memberi masukan untuk menerapkan sistem 3M.

 

M yang pertama ialah mulai dari diri sendiri. Sudah seyogyanya kita mulai merubah pola hidup dengan tidak terlalu menjadi masyarakat yang komsumtif. Bagaimana kita bisa menyuruh orang lain untuk tidak melakukan itu, sedangkan kita sendiri masih melakukannya. M yang kedua yaitu mulai dari hal kecil. Ketika kita melihat sampah kita pungut lalu buang pada tempatnya, ketika ada yang hendak membuag sampah sembarangan, kita tegur agar tidak membuang sembarangan. M yang terakhir ialah mulai dari sekarang. Bagaimana masalah mau cepat selesai kalau masih ditunda tunda pengerjaannya. Sehingga dipelukan action  dari setiap masyarakat agar permasalahan ini cepat terselesaikan.

 

Meskipun saya bukan orang yang tinggal di Jakarta, tetapi saya turut prihatin akan hal itu. Selain Jakarta sebagai ibu kota yang menjadi barometer kota kota lain yang ada di Indonesia, Jakarta juga merupakan kota paling aktif dan paling digandrungi, tak sedikit warga daerah lain ingin mengadu nasib ke ibu kota. Sehingga saya berharap Jakarta bisa menjadi tempat atau rumah yang nyaman bagi siapapun yang tinggal disana. Dan semoga konsepsi yang saya berikan bisa bermanfaat bagi pembaca ataupun sedikit solusi bagi pemerintah.

 

Rana Santika

Mahasiswa KPI, UIN Sunan Gunung Djati Bandung

Bagikan

Posting Komentar

 
Since © 2015 DAKWAHPOS - Media Dakwah Islam Aktual.
made with by incsomnia