x
BREAKING NEWS

Kamis, 20 Desember 2018

Kirim Ulang: Handphone Boleh Smart, tetapi Pengguna Harus Lebih Smart

Semakin berkembangnya teknologi komunikasi dan informasi, semakin cepat pula informasi diketahui oleh masyarakat. Tetapi di zaman sekarang, orang tak lagi memikirkan benar atau tidak-nya suatu informasi yang dia terima karena yang dia pikirkan adalah dia orang yang pertama yang menerima dan menyebarluaskan berita itu dilingkungan tempat tinggalnya.
Saya tidak terlalu aktif dalam media sosial, namun waktu itu saya pernah membaca postingan seorang teman di facebook. Dalam postingan itu, dia memposting sebuah foto orang yang meninggal dunia akibat dengan caption yang menjelaskan orang itu tinggal di daerah Talaga kabupaten Majalengka dan meninggal karena dibunuh oleh warga sekitar akibat dia yang berprilaku meresahkan warga. Setelah membaca informasi itu saya langsung menyebarluaskan informasi itu kepada keluarga, teman, dan tetangga saya yang tidak mempunyai akun media sosial tanpa mencari kebenarannya,
Setelah saya menyebarluaskan informasi itu, beberapa hari kemudian teman saya yang tinggal di daerah Bantarujeg-Majalengka mengatakan bahwa berita itu tidak benar karena pelaku meninggal bukan karena dibunuh warga tetapi dibunuh oleh teman sepermainannya akibat sering  bercanda dengan mengejek temannya yang lain dan dia merupaka orang Bantarujeg.
Sejak kejadian itu saya mulai berhati-hati dalam menerima dan menyebarluaskan berita, saya suka mencari tahu kebenarannya dahulu dan ketika saya suka memilah-milah bercandaan saya karena takut ada orang yang tersinggung atau sakit hati dengan kata-kata saya. 


Oleh : Arin Nur Idzatul Fitroh, KPI 3A

Bagikan

Posting Komentar

 
Since © 2015 DAKWAHPOS - Media Dakwah Islam Aktual.
made with by incsomnia