x
BREAKING NEWS

Kamis, 27 Desember 2018

Kirim Resensi dengan judul "Ilmu Dakwah"

Nama : Siti Ika Fatmawati (1174020155)
Kelas : KPI 3 D
 
Dengan mengkaji Dakwah berdasarkan cara pandang sepuluh aspek ilmu tersebut, diharapkan keberadaan ilmu dakwah akan lebih terstruktur, sistematis, dan masih serta dapat berdiri sendiri sebagai sebuah disiplin ilmu.
 
RESENSI
Judul                  : Ilmu Dakwah
Penulis          : Dr. H. Tata Sukayat, M.Ag.        
Penerbit               : Simbiosa Rekatama Media
Tahun Terbit       : April- 2015       
Kota Terbit          : Bandung
Jumlah Halaman : iv+200 hlm
Kategori              : Pendidikan
No. ISBN            : 978-602-7973-20-6
Editor: Iqbal Triadi Nugraha
Desain Sampul: Nur Slamet
Layout: Pratama Setya Ilham
Isi
Sebagai sebuah gerakan, dakwah sudah teruji dan terbukti mampu menciptakan peradaban manusia dari buruk menjadi baik dan lebih baik. Dakwah melalui lisan dan tulisan biasanya disebut sebagai dakwah kultural, sedangkan dakwah dengan perbuatan termasuk melalui kekuasaan dan kebijakan biasanya disebut sebgai dakwah struktural.
Kelebihan
1. Buku dilengkapi dengan penulis, penerbit, tempat terbit sampai pada editor percetakan, lebih gampang orang yang mau meresensi buku tersebut
2. Mudah dipahami, dan sangat jelas
3. Buku ini sangat penting bagi pelaku, mahasiswa ataupun dosen yang menggeluti bidang dakwah agar dapat memahami dakwah dan ilmu dakwah.
4. Kertas yang digunakannya bagus
5. Cover sesuai dengan isi buku.
Kelemahan
1. Kurang begitu lengkap dan penjelasannya begitu singkat
2. Tidak terselip gambar satupun, sehingga mebuat pembaca menjadi boring
Kesimpulan
     Ilmu dakwah terdiri dari dua kata, ilmu dan dakwah. Ilmu dari akar kata: 'alima-ya'lamu'ilman, yang artinya berpengetahuan. Secara istilah berarti pengetahuan, baik natural maupun sosial, yang sudah diorganisasikan serta disusun secara sistematis menurut kaidah umum. Sedangkan dakwah berasal dari akar kata دعا-يدعو-دعوة yang bermakna seruan, panggilan, undangan, atau do'a. Menurut Abdul Aziz, secara bahasa, dakwah bisa berarti: memanggil, menyeru, menegaskan atau membela sesuatu, perbuatan atau perkataan untuk menarik manusia kepada sesuatu, serta memohon dan meminta.
     Berdasarkan makna secara bahasa tersebut, dakwah berarti upaya memanggil, menyeru, dan mengajak manusia menuju Allah. Sedangkan yang dimaksud ajakan kepada jalan Allah berarti ajakan kepada agama-Nya, yaitu al-Islam.
      Berdasarkan asumsi tersebut, dakwah secara substansif dapat diartikan sebagi upaya mengingatkan manusia agar kembalu dan mengingat perjanjian suci di alam roh  berupasyahadah al-ilahiyah atau pengakuan manusia terhadap eksistensi Allah Swt.
Saran
Ketika memberikan contoh seorang da'i menyampaikan pesannya kepada mad'u, coba sedikit selipkan gambar didalamnya, agar pembaca tidak merasa bosan dan sedikit menarik.

Bagikan

Posting Komentar

 
Since © 2015 DAKWAHPOS - Media Dakwah Islam Aktual.
made with by incsomnia