x
BREAKING NEWS

Rabu, 19 Desember 2018

Jangan Salahkan Siapapun Untuk Banjir dan Longsor

Kata banjir dan longsor sudah tidak asing lagi terdengar di telinga kita. Apalagi di negara kita ini, negara Indonesia dimana sering terjadi banjir ketika musim hujan turun dan begitupun dengan longsor.

Perlu kita sadari akan terjadinya banjir dan longsor yang sering terjadi dimana-mana itu akibat ulah manusia sendiri yang kurang menjaga lingkungan, banyaknya bangunan-bangunan tinggi di kota-kota, pabrik-pabrik yang menghasilkan banyak limbah dan tercecer dimana-mana.

Tetapi bagi kita semua jangan menyalahkan siapapun dalam masalah ini, kita perlu sadar kepada diri kita sendiri betapa pentingnya mencegah terjadinya banjir dan longsor. Jangan hanya kita menyalahkan pemerintah saja.

Perlu kita cegah dengan cara Membuang Sampah Pada Tempatnya, Membuat Saluran Air atau Terowongan Air Bawah Tanah, Mendirikan Bangunan/Konstruksi Pencegah Banjir, Membersihkan dan Merawat Fasilitas Penyaluran Air, Menanam Pohon Berbatang Besar di Sekitar Rumah, dan lain sebagainya.

Pencegahan longsorpun perlu kita lakukan dengan cara tidak membangun rumah di bawah tebing, jangan menebang pohon di sekitar lereng, tidak mendirikan bangunam di sekitar sungai, dan lain sebagainya. Maka dari itu perlu adanya kesadaran diri masing-masing untuk melakukan pencegahan itu dan jangan saling menyalahkan. Karena jika itu terjadi akan berdampak kepada kita sendiri.

Enung Hani Amaliah, Mahasiswi KPI UIN Sunan Gunung Djati Bandung, Kp. Babakan Dangdeur RT 03 RW 04 Kel. Pasirbiru Kec. Cibiru Kota Bandung. No HP 083816084775, enunghaniamaliah05@gmail.com

Bagikan

Posting Komentar

 
Since © 2015 DAKWAHPOS - Media Dakwah Islam Aktual.
made with by incsomnia