x
BREAKING NEWS

Kamis, 27 Desember 2018

JANGAN ASAL TERIMA INFORMASI

JANGAN ASAL TERIMA INFORMASI

Pada zaman milenial ini, banyak informasi yang menyebar dengan cepat ke semua indra masyrakat, entah itu melalui Koran, Media Sosial, SMS, Video, Chatiingan, dan lain lain. Baik informasi tersebut benar, maupun salah, semua masyrakat dengan mudah mengonsumsi hal tersebut. Tanpa di sarimg kembali, tanpa di cek kembali, semuanya langsung di terima dan disebar ulang kepada yang lainnya. Bagaimana jikalau informasi tersebut belum tentu kebenarannya atau hoax?.

Bayangkan, jika kita menerima suatu informasi tanpa kita cek informasi tersebut dan dengan mudahnya kita membenarkannya, lalu di sebarkan kepada yang lainnya, maka munculah suatu kebencian, kekacauan, bahkan bisa sampai pembunuhan, hanya karena satu informasi yang tidak tahu asalnya dan langsung dibenarkan tanpa di cek terlebih dahulu. Kalau begitu, bagaimana kita meciptakan kedamaian?.

Apalagi, sekarang kita sedang menghadapi pemilihan presiden. Sudah seharusnya, kita sebagai warga yang bijak menghadapinya dengan damai tanpa kebencian. Berhenti menyebarkan informasi yang dapat memicu kebencian dan membuat kita berkubu-kubu, karena hal tersebut dapat memecahkan persatuan bangsa kita. Hilangkan prasangka buruk, munculkan prasangka baik. Cek kembali informasi yang meragukan dengan melihat sumbernya, agar tidak terjadi kesalah pahaman.

Berkampanyelah dengan bijak dan bersih dari hoax, agar kampanye yang berlangsung dapat menciptakan suasana yang harmonis, tenang, dan damai. Sesuai dengan Poin Deklarasi Kampanye Damai Pemilu 2019. Yang pertama, mewujudkan pemilu yang lansgsung umum bebas rahasia jujur dan adil. Kedua, melaksanakan kampanye pemilu yang aman tertib damai berintegritas tanpa hoax politisasi SARA, dan uang. Dan yang ketiga, melaksanakan kampanye berdasarkan peraturan dan perundangan yang berlaku.

NAFRAH GALANG MADANI

Mahasiswa UIN Sunan Gunung Djati

Bandung

Bagikan

Posting Komentar

 
Since © 2015 DAKWAHPOS - Media Dakwah Islam Aktual.
made with by incsomnia