x
BREAKING NEWS

Jumat, 21 Desember 2018

Gelap Ilmu Butakan Kehidupan

Masyarakat dalam memahami agama Islam, ada yang paham betul pada dasar-dasar agamanya, ada juga yang hanya tahu saja dan kurang mendalami agama yang dia anut. Contohnya dalam kehidupan sehari-hari, ada seseorang yang terlalu memikirkan kehidupan dunia nya saja sedangkan dalam urusan akhiratnya dia lalai. Padahal dalam ajaran agama kita sebagai umat hendaknya hidup dengan seimbang antara urusan dunia dan urusan akhirat, supaya hidup kita lebih tentram.

Berbicara mengenai ilmu, Ilmu adalah suatu bahasan atau informasi yang didalamnya memberikan banyak manfaat bagi yang mempelajarinya. Sedangkan Ilmu agama adalah suatu bahasan atau informasi mengenai suatu agama dan memberikan banyak manfaat bagi yang mempelajarinya. Ilmu itu penting sekali untuk kehidupan didunia ini, terlebih lagi ilmu agama yang kita anut yaitu ilmu agama Islam, sangat penting karena mengatur kehidupan tidak hanya didunia saja kehidupan akhirat juga diatur dalam ilmu agama. Demi terwujudnya peradaban dan kehidupan yang tentram dan nyaman antar umat beragama khusunya muslim itu sendiri, seorang muslim diwajibkan untuk menuntut ilmu. Ada pibahasa menyatakan "Carilah Ilmu Sampai ke Negeri China", maka dari itu kita sebagai muslim dituntut untuk mencari ilmu dimana dan kapan saja bahkan sampai ke negeri China sekalipun, tetunya dengan cara niat dan memang betul-betul dipahami sampai keakarnya bukan hanya sekedar tahu saja. Jika kita hanya tahu ilmunya sedikit tanpa menguasainya maka akan terjadi kesalahan dalam memahaminya, disebabkan karena keterbatasan ilmu. Oleh karena itu, memahami suatu ilmu sampai ke akarnya itu penting, dan jika kita mengetahui atau mendengar informasi dari seseorang jangan langsung menelan mentah-mentah informasi tersebut akan tetapi di cari dahulu kebenarannya supaya informasi yang kita dapat itu jelas dan akurat.

Demi menciptakan masyarakat yang memahami dalam ilmu agama, sebaiknya dimulai dari diri sendiri untuk menjadikan diri kita tahu dan mendalami ilmu agama yang kita anut yaitu ilmu agama Islam. Dengan cara mengaji dan mendengarkan ceramah, melihat film-film yang mengkisahkan perjuangan Islam pada zaman dahulu, dan sering membaca Al-Qur'an dan tafsiran nya supaya kita paham maksud ayat tersebut. Selain dengan cara diatas, cara lain pada zaman sekarang ini yaitu zaman modern dimana gadget sudah banyak digunakan, dan banyak orang-orang yang menggunakan sosial media dalam kegiatan sehari-harinya yaitu dengan renungan-renungan yang menyentuh hati baik berbentuk audio visual maupun berbentuk tulisan. Cara ini adalah cara yang mudah dijangkau untuk bisa memberikan informasi seputar agama Islam kepada masyarakat, khususnya yang awam untuk dapat mengetahui ajarannya.

Wajib kita mempelajari Ilmu baik itu ilmu dunia dan ilmu akhirat (agama), apalagi seorang muslim. Karena tanpa ilmu kita akan gelap dalam kehidupan dunia dan akhirat, hidup kita tidak akan terarah. Tetapi dengan kita mempelajari ilmu dunia dan akhirat (agama) dan seimbang dalam mengerjakan pekerjaan dunia dan akhirat, maka hidup kita akan tentram dan terarah. Rasulullah juga bersabda "Barang siapa menempuh jalan untuk mencari ilmu, Allah akan memudahkan baginya jalan ke surga, sesungguhnya para malaikat menaungkan sayap-sayapnya kepada orang yang menuntut ilmu karena senang terhadap apa yang diperbuat". Dengan Ilmu kita akan dapat mengetahui mana yang baik dan yang buruk, mana yang harus dilakukan mana yang tidak, dan itu akan menimbulkan kebahagiaan didunia dan diakhirat kelak. Dengan seorang muslim mempelajari ilmu agama dan ilmu dunia dengan matang atau sampai ke akarnya, menjadikan muslim tersebut menjadi muslim yang moderat.

Menjadi seorang muslim yang moderat adalah bagaimana kita bisa menyeimbangkan antara kehidupan dunia dan akhirat. Tidak hanya kehidupan dunia atau akhiratnya saja yang dikejar tetapi keduanya harus seimbang. Karena sekarang kita sedang hidup didunia jangan lupa akan kehidupan dunia, dan untuk bekal nanti diakhirat juga jangan ditinggalkan sebab kehidupan yang abadi hanya diakhirat kelak, dunia hanya sebagian kecil dari kehidupan. Tidak hanya itu menjadi seorang muslim yang moderat adalah dengan cara menghargai satu sama lain, menghargai pendapat orang lain, dan jangan melihat seseorang atau kelompok beragama dari satu sudut saja. Kita harus bisa toleransi antar umat beragama khususnya Islam sendiri. Karena dengan begitu kita bisa menjadi muslim yang moderat yang dapat menciptakan peradaban dan kehidupan yang tentram dan toleran yang berlandaskan pada agama yaitu agama Islam.

Menjadi muslim yang moderat dibutuhkan pada saat ini, karena banyaknya aksi terorisme dan kejahatan lainnya yang berlandaskan agama. Dengan menjadi muslim yang moderat kita harus bisa membasmi teroris dan menghilangkan nama buruk Islam dalam pandangan orang lain bahwa Islam bukanlah teroris akan tetapi Islam itu cinta damai, agama yang mendamaikan bagi orang lain. Dengan mempelajari ilmu dunia dan ilmu agama seseorang dituntut untuk menjadi seorang muslim yang moderat yang dapat bertoleransi terhadap orang lain dan menghargai pendapat orang lain demi menciptakan peradaban dan kehidupan yang selaras atau seimbang antara dunia dan akhirat, serta menghilangkan nama buruk Islam dimasyarakat.


Astri Lestari

Virus-free. www.avast.com

Bagikan

Posting Komentar

 
Since © 2015 DAKWAHPOS - Media Dakwah Islam Aktual.
made with by incsomnia